Menko Polhukam Mahfud MD: Masyarakat yang Jadi Korban Pinjol Ilegal Tak Perlu Bayar Utangnya

Tim Editor

Menko Polhukam Mahfud MD (Antara)

ERA.id - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta masyarakat yang menjadi korban pinjaman online ilegal untuk tidak membayar utangnya.

Hal ini disampaikan Mahfud setelah menggelar rapat tertutup bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, dan sejumlah pihak lain termasuk Kabareskrim Pori Komjen Agus Andrianto, dan Jampidum Kejaksaan Agung Fadil Zumhana di Kemenko Polhukam pada Selasa (19/10/2021).

Mahfud menjamin keamanan korban pinjaman online ilegal yang tidak membayar sesuai anjuran pemerintah. Dia meminta siapapun yang mendapat teror dari penagih utang pinjaman online untuk melapor ke pihak kepolisian.

"Kepada yang terlanjur jadi korban, jangan membayar. Jangan membayar," kata Mahfud.

"Kalau karena tidak membayar lalu ada yang tidak terima, diteror, laporkan ke kantor polisi terdekat. Polisi akan memberikan perlindungan," tambah dia.

Mahfud juga meminta penyedia jasa pinjaman online atau pinjol ilegal menghentikan aktivitas mereka.

Dia kemudian menjelaskan secara hukum perdata, penyedia pinjaman online ilegal tidak sah karena tidak memenuhi syarat obyektif maupun subyektif seperti yang diatur dalam perundangan. Sementara dari segi pidana, dia memastikan jika ada ancaman berupa penyebaran foto tak senonoh maupun tindakan pelanggaran lain akan ditindak tegas oleh pihak kepolisian.

Tak hanya itu, pemerintah juga membuka kemungkinan penggunaan Pasal 368 KUHP terkait pemerasan, Pasal 335 KUHP tentang perbuatan tidak menyenangkan, dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen.

"Misalnya ancaman kekerasan, ancaman menyebar foto-foto tidak senonoh dari orang yang punya utang kalau tidak bayar. Itu terus sekarang bandar-bandarnya, pekerja-pekerjanya mulai ditindak," jelas Mahfud.


"Bareskrim Polri akan memasifikasi gerakannya. Sehingga nanti di berbagai tempat, kalau ada orang yang tetap dipaksa membayar, jangan bayar. Karena itu ilegal," pungkasnya.

Tag: menko polhukam mahfud md Pinjol Ilegal

Bagikan: