Pemkot Solo Mulai Kembali PTM Setelah Sepekan Belajar Jarak Jauh

| 14 Feb 2022 16:12
Gibran Rakabuming (Amalia Putri/ ERA.id)

ERA.id - Hari ini pemerintah Kota Solo kembali melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) secara hybrid. Mayoritas sekolah saat ini menjalani PTM, hanya sebagian kecil yang tetap melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat ditemui di Balai Kota Solo, Senin (14/2/2022). Setelah melaksanakan PJJ selama sepekan, ternyata saat ini lebih banyak sekolah yang memilih untuk hybrid.

”Iya, lebih banyak yang PTM, mereka memilih untuk hybrid. Termasuk SMA dan SMK,” kata Gibran.

Ke depan, ia berencana meneruskan metode pembelajaran ini. Dalam seminggu ini akan diadakan evaluasi untuk meninjau apakah kebijakan akan tetap diteruskan.

”Harusnya kami perpanjang, sebab lebih senang pakai hybrid. Kalau ada (orang tua) yang keberatan, ya tinggal PJJ,” katanya.

Rencananya Pemkot Solo juga akan melanjutkan program surveilans di sekolah-sekolah. Program ini untuk mengetahui apakah ada paparan Covid-19 di sekolah atau tidak. Tes akan dilakukan secara acak pada beberapa sekolah.

”Surveilans jalan lagi, dengan segala risikonya harus kita lalui,” katanya.

Sebagai informasi, selama sepekan Pemkot Solo memutuskan untuk melaksanakan PJJ. Kebijakan ini diambil karena beberapa waktu belakangan angka kasus Covid-19 di kota Solo melonjak tajam dengan kasus harian lebih dari 100 orang yang terpapar.  

Dari data yang dimiliki Pemkot Solo, saat ini ada saat ini ada 46 SMP yang melaksanakan PTM dan 27 SMP yang melaksanakan PJJ. Sementara untuk SD, ada 27 sekolah yang melaksanakan PJJ, 107 sekolah menggunakan metode hybrid dan 107 sekolah yang melaksanakan PTM. Untuk jenjang TK dan PAUD ada ada 8 sekolah yang melaksanakan PJJ dan 396 sekolah yang PTM.

Kepala Dinas Cabang Pendidikan Jawa Tengah 7 Suratno mengatakan saat ini mayoritas yang berada di bawah penanganan provinsi Jawa Tengah memilih untuk PTM. Saat ini ada 73 sekolah yang melaksanakan PTM.

”Total sekolah yang ditangani provinsi ada 97 sekolah, sebanyak 73 sekolah melaksanakan PTM, sisanya PJJ,” katanya.

 

Kami juga pernah menulis soal Naik ke PPKM Level 3, Kota Bogor Perpanjang Penyetopan PTM Hingga 14 Februari 2022 Kamu bisa baca di sini

 

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

 

 

Rekomendasi