Inggris hingga Singapura Lakukan Pelonggaran Covid-19, Luhut: Indonesia Tidak Perlu Latah

| 21 Feb 2022 18:22
Inggris hingga Singapura Lakukan Pelonggaran Covid-19, Luhut: Indonesia Tidak Perlu Latah
Luhut Pandjaitan. (Foto: Antara)

ERA.id - Sejumlah negara di dunia seperti Inggris, Denmark, dan Singapura telah melakukan pelonggaran kebijakan kesehatan Covid-19. Hal ini sebagai bentuk transisi dari pandemi ke endemi.

Meski begitu, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Indonesia tidak perlu latah mengikuti aturan yang berlaku di negara lain.

"Meskipun beberapa negara lain sudah mulai memberlakukan kebijakan plonggaran untuk transisi ke endemi seperti Inggris, Denmark hingga Singapura. Namun kita tidaklah perlu latah ikut-ikutan seperti negara tersebut," ujar Luhut dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (21/2/2022).

Luhut menegaskan, pemerintah akan melakukan transisi dari pandemi ke endemi secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut dengan berbasiskan data indikator kesehatan, ekonomi, dan sosial budaya.

Menurutnya, terdapat sejumlah indikator pra-kondisi endemi yang akan dilakukan pemerinah. Pertama, tingkat kekebalan masyarakat yang tinggi.

"Kedua, tingkat kasus yang rendah berdasarkan indikator WHO," kata Luhut.

Selain itu, pra kondisi tersebut juga harus terjadi dalam rentang waktu yang cukup panjang dan sudah stabil ataupun konsisten.

Untuk mewujudkan transisi dari pendami ke endemi, Luhut meminta vakasinasi Covid-19 dosis kedua dan booster utamanya bagi lansia dipercepat.

"Pemerintah juga terus mendorong dan meminta bantuan kepada pemerintah daerah beserta jajarannya untuk terus aktif mensosialisasikan dan memaksimalkan jumlah vaksinasi booster bagi yang sudah memiliki tiket vaksin ketiga," kata Luhut.

"Saya juga meminta masyarakat yang sudah memiliki tiket vaksin ketiga atupun yang sudah di vaksinasi lengkap dengan rentang waktu enam bulan dapat langsung mendatangi gerai-gerai vaksin yang telah disiapkan," ujarnya.

Kami juga pernah menulis soal Kasus Covid-19 di Kabupaten Tangerang Terus Alami Penurunan, Sudah Lewati 'Masa Puncak?' Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi