Jokowi Ungkap Zaman Cepat Berubah: Program Studi Sekarang Mungkin Hanya Relevan 5 Tahun

| 11 Mar 2022 19:26
Jokowi Ungkap Zaman Cepat Berubah: Program Studi Sekarang Mungkin Hanya Relevan 5 Tahun
Presiden Joko Widodo (Dok. BPMI)

ERA.id - Presiden Joko Widodo menyinggung masih banyaknya program studi yang tidak berubah selama 20-30 tahun. Padahal, menurutnya, program studi di kampus tidak lagi relevan dalam waktu lima tahun.

Jokowi mengatakan, ilmu dalam program studi hari ini bisa tidak relevan lagi untuk semester depan karena cepatnya perubahan zaman.

"Sehingga saya minta yang namanya program studi, program studi sekarang ini hanya relevan lima tahun. Hati-hati kecepatan perubahan zaman seperti ini yang sekarang masih banyak yang sudah 20 tahun 30 tahun tidak berubah," kata Jokowi dalam acara sidang terbuka senat akademik Dies Natalis Universitas Sebelas Maret (UNS), Jumat (11/3/2022).

Jokowi meminta, setiap kampus mulai menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu menghadapi zaman. Sebab saat ini sudah eranya sumber daya manusia yang memahami teknologi digital.

Dia menilai sudah saatnya kampus menerapkan Kampus Merdeka ala Mendikbudristek Nadiem Makarim di mana mahasiswa bisa belajar di mana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. Mahasiswa juga disiapkan untuk industri.

Kalau tidak menerapkan hal tersebut dalam dua tahun mendatang, Jokowi khawatir sumber daya manusia Indonesia tidak dapat bersaing di tahun 2030-2035.

"Kalau ini tidak kita lakukan dalam dua tahun ini saya membayangkan di tahun 2030 2035 berat. Kita akan berat," kata Jokowi.

Meski begitu, Jokowi mengaku mendengar adanya sejumlah kampus yang kesulitan membubarkan maupun membentuk program studi.

Padahal, kata Jokowi, kewenangan untuk membubarkan program studi dan membentuk program studi sudah didelegasikan kewenangannya kepada kampus.

"Sudah didelegasikan loh jangan lagi nyalah-nyalahin kementerian," katanya.

Kami juga pernah menulis soal Alumuni Kampus Milik Politisi PKB Mulai Deklarasi Cak Imin-Amran Sulaiman, Bakal Sukses?Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Tags : jokowi kampus
Rekomendasi