Minyak Goreng Curah Jadi Rp14 Ribu per Liter Usai Disubsidi Pemerintah, Kapolri: Kami Siap Kawal!

| 15 Mar 2022 18:30
Minyak Goreng Curah Jadi Rp14 Ribu per Liter Usai Disubsidi Pemerintah, Kapolri: Kami Siap Kawal!
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Antara)

ERA.id - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memastikan siap mengawal pendistribusian dan ketersedian minyak goreng, baik curah maupun kemasan, di pasaran. Hal ini menindaklanjuti hasil rapat terbatas (ratas) terkait kelangkaan minyak goreng.

"Terkait dengan perubahan harga minyak curah menjadi Rp14.000 untuk harga eceran tertinggi, tentunya kami dari kepolisian siap untuk mengawal. Sehingga jaminan distribusi kemudian ketersedian di pasar betul-betul ril di lapangan," kata Sigit dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/3/2022).

Sigit mengatakan, hingga pagi tadi Kepolisian terus melakukan pengecekan secara langsung di pasar. Hal ini untuk mengetahui mekanisme pasar terkait perkembangan situasi harga minyak goreng.

Kepolisian, kata Sigit, juga akan bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan terkiat untuk membantu mengawasi minyak goreng curah dan kemasan sesuai dengan harga yang berlaku.

"Tentunya kami akan bekerja sama dengan seluruh stake holder yang ada untuk memastikan bahwa minyak curah, kemudian minyak kemasaan sesuai yang disampaikan, menyesuiakan dengn harga keekonomian semuanya ada di pasar," kata Sigit.

Sebelumnya, Pemerintah memutuskan akan mensubsidi minyak goreng jenis curah sebesar Rp14.000 per liter. Subsidi akan diberikan dengan menggunakan dana dari  Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, pemberian subsidi minyak goreng curah ini diberikan karena melihat situasi global. Menurutnya, saat ini tengah terjadi kenaikan harga-harga komoditas termasuk minyak kelapa sawit.

"Pemerintah memutuskan bahwa pemerintah akan mensubsidi harga minyak kelapa sawit curah sebesar Rp14.000 per liter, dan subsidi akan diberikan berbasis kepada dana dari BPDPKS," kata Airlangga.

Kami juga pernah menulis soal Harga Minyak Goreng Hari Ini, 2 Liter Capai Rp47.900, Disdagin Bandung: Sudah Tak Disubsidi Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

 

Rekomendasi