Jokowi Bawa Kabar Gembira, Ramadan Kali Ini Boleh Tarawih Berjamaah Hingga Mudik

| 23 Mar 2022 18:21
Jokowi Bawa Kabar Gembira, Ramadan Kali Ini Boleh Tarawih Berjamaah Hingga Mudik
Presiden Joko Widodo (Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo mengumumkan umat Islam Indonesia bisa menjalankan ibadah salat tarawih di masjid saat Ramadan tahun ini.

Selain itu, pemerintah juga sudah mengizikan masyarakat mudik saat lebaran.

Dia bilang, kebijakan ini diambil setelah penyebaran kasus COVID-19 di Tanah Air mengalami perbaikan.

Sehingga, Jokowi mengatakan, ada sejumlah pelonggaran yang dilakukan pemerintah termasuk saat bulan ramadan.

"Situasi pandemi yang membaik juga membawa optimisme menjelang bulan suci ramadan," kata Jokowi dalam keterangan video yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (23/3/2022).

"Tahun ini umat muslim dapat kembali menjalankan ibadah salat tarawih berjamaah di masjid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," ucapnya

Selain salat tarawih, masyarakat juga diperbolehkan mudik untuk merayakan Hari Raya Idulfitri. Namun, Jokowi mengingatkan, mereka yang akan pulang ke kampung halaman diwajibkan menerima vaksin COVID-19 secara lengkap.

"Bagi masyarakat yang ingin mudik lebaran juga dipersilakan, juga diperbolehkan dengan syarat sudah mendapatkan dua kali vaksin dan sekali booster serta tetap menerapkan protokol kesehatan tetap," kata Jokowi.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut pemerintah membuka kemungkinan vaksinasi dosis ketiga (booster) COVID-19 menjadi syarat bagi masyarakat untuk melakukan mudik pada musim libur Lebaran 2022.

Menurut Wapres, selain dua kali vaksinasi lengkap, masyarakat juga diminta untuk segera melakukan vaksinasi booster.

"Nanti booster itu kita ingin jadikan sebagai syarat kalau nanti orang mau mudik," kata Wapres Ma'ruf Amin di Bandung, Selasa (22/03/2022) dikutip dari Antara.

Kami juga pernah menulis soal DPR Dukung Wacana Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik Lebaran Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi