Pemerintah Sampaikan Kabar Baik, Rencanakan Terapkan PPKM Level 1 Saat Idulfitri

| 24 Mar 2022 07:40
Pemerintah Sampaikan Kabar Baik, Rencanakan Terapkan PPKM Level 1 Saat Idulfitri
Ilustrasi (Foto: Antara)

ERA.id - Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) menyebut, pemerintah membuka peluang untuk menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 saat Hari Raya Idulfitri. Opsi ini juga sudah dibahas oleh pemerintah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Koordinator Bidang Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi KPCPEN Montty Girianna dalam Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR RI, Rabu (23/3/2022).

"Tadi ada aspirasi membebaskan PPKM di wilayah dengan penularan rendah, terutama untuk Hari Raya Idulfitri. Ini memang sudah dibahas, kemungkinan besar PPKM Level 1," kata Montty.

Meski begitu, kebijakan PPKM belum bisa benar-benar dihapuskan apabila belum mencapai kondisi endemi. Montty mengatakan, salah satu syarat mengubah status menjadi endemi yaitu mencapai minimal 70 persen vaksinasi Covid-19 untuk lasia, umum, dan anak-anak.

"Sebelum itu terjadi maka kemungkinan kecil kita menerapkan PPKM dibebaskan sama sekali di wilayah manapun," kata Motty.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan pemerintah melonggarkan sejumlah kebijakan selama Ramadan dan Idulfitri 2022. Antara lain yaitu mengizinkan salat taraweh berjamaah selama bulan Ramadan.

"Situasi pandemi yang membaik juga membawa optimisme menjelang bulan suci ramadan," kata Jokowi dalam keterangan video yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (23/3/2022).

"Tahun ini umat muslim dapat kembali menjalankan ibadah salat tarawih berjemaah di masjid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," ucapnya

Selain salat tarawih, masyarakat juga diperbolehkan mudik untuk merayakan Hari Raya Idulfitri. Namun, Jokowi mengingatkan, mereka yang akan pulang ke kampung halaman diwajibkan menerima vaksin COVID-19 secara lengkap.

"Bagi masyarakat yang ingin mudik lebaran juga dipersilakan, juga diperbolehkan dengan syarat sudah mendapatkan dua kali vaksin dan sekali booster serta tetap menerapkan protokol kesehatan tetap," kata Jokowi.

Kami juga pernah menulis soal "Indonesia Berhasil Menangai Pandemi COVID-19", Kapuskes TNI Bersyukur Berkat Kebersamaan Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi