Ribuan Kepala Desa Bakal Deklarasi Dukung Jokowi 3 Periode, Ngaku Sempat Dilarang Luhut

| 29 Mar 2022 19:13
Ribuan Kepala Desa Bakal Deklarasi Dukung Jokowi 3 Periode, Ngaku Sempat Dilarang Luhut
Presiden Joko Widodo (Dok. BPMI)

ERA.id - Ribuan kepala desa yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) akan mendeklarasikan dukungan kepada Presiden Joko Widodo untuk menjabat tiga periode.

Ketua Umum Apdesi Surtawijaya mengatakan, awalnya deklarasi ingin dilakukan disela-sela pembukaan silaturahmi nasional Apdesi di Istora Senayan, Jakarta, Senin (29/3/2022). Acara tersebut diketahui dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi.

Namun, rencana itu batal dilakukan lantaran dilarang banyak pihak. Karenanya, Apdesi akan menjadwalkan ulang deklarasi Jokowi tiga periode usai Hari Raya Idulfitri 2022.

"Tadinya mau hari ini. Dilarang sama semua," kata Surta kepada wartawan di Jakarta, Selasa (20/3/2022).

"Habis lebaran kami deklarasi. Teman-teman di bawah kan ini bukan cerita, ini fakta," imbuhnya.

Menurut Surta, Jokowi merupakan sosok pemimpin memedulikan desa dan dinilai bisa makin membawa kebaikan. Oleh karena itu, Apdesi berminat mendukung Jokowi kembali menjabat sebagai presiden lagi.

Dia juga menegaskan tidak ada yang mengarahkan kepala desa untuk menyuarakan dukungan agar Jokowi menambah masa jabatannya selama satu periode. Surta menyatakan seorang kepala desa tidak bisa dipaksa untuk menyatakan sesuatu.

"Enggak ada. Mana ada kepala desa diarahin? Kita enggak mau ada urusan kayak gitu tapi pure. Pure gini," tegasnya.

Surta menegaskan pula bahwa dukungan ini tak ada sangkut pautnya dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Bahkan, dia mengaku, salah satu pihak yang melarang Apdesi melakukan deklarasi dukungan Presiden Jokowi tiga periode hari ini adalah Luhut.

"Enggak ada (arahan Luhut). Dia melarang malah. Ketemu saja dilarang, kamu jangan cerita-cerita begitu. Sudah saya enggak berani ngomong. Tadi saya sudah mau teriak tiga periode tapi dilarang semua," ungkapnya.

Kami juga pernah menulis soal Jokowi Targetkan 20 Juta UMKM Jualan Digital Tahun Ini Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi