Lama Tak Terdengar, Begini Kabar Kasus 'Jin Buang Anak' Edy Mulyadi Sekarang

| 31 Mar 2022 15:16
Lama Tak Terdengar, Begini Kabar Kasus 'Jin Buang Anak' Edy Mulyadi Sekarang
Edy Mulyadi (merah) usai diperiksa di Kejari Jakarta Pusat, Kamis (31/3/2022) (Antara)

ERA.id - Lama tak terdengar, kini kasus Edy Mulyadi yang sempat bilang IKN 'tempat jin buang anak', terus berjalan. Tersangka dan barang bukti kini dilimpahkan kepada jaksa penuntut umum (JPU).

Hal itu disampaikan Penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri.

"Hari ini sedang berproses tahap dua penyerahan tersangka dan barang bukti," kata Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Pol. Asep Edi Suheri, Kamis (31/3/2022).

Pelimpahan tahap II Edy Mulyadi telah dikonfirmasi oleh pihak Kejaksaan Agung. Pelimpahan dilaksanakan di Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat pukul 11.00 WIB.

Edy ditersangkakan melanggar Pasal 45A ayat (2) juchto Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 1 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan/atau Pasal 14 ayat (1) dan (2) dan/atau Pasal 15 UU Nomor 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan/atau Pasal 156 KUHP.

Tersangka Edy Mulyadi diduga telah melontarkan ujaran kebencian berdasarkan atas suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) dan/atau pemberitaan bohong, dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat dan/atau menyiarkan suatu berita yang tidak pasti atau kabar yang berlebihan atau yang tidak lengkap.

Perbuatan tindak pidana tersebut dilakukan di Hotel 101 Urban Jakarta Thamri, Jl Taman Kebon Sirih 1, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat melalui media sosial YouTube miliknya.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspekum) Kejaksaan Agung Ketut Sumedana mengatakan, dalam pelaksanaan penyerahan tanggung jawab tersangka dan barang bukti (Tahap II), Edy kini ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Bareskrim Polri selama 20 hari terhitung sejak 31 Maret sampai dengan 19 April.

"Selanjutnya tim jaksa penuntut umum Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat akan segera mempersiapkan surat dakwaan untuk kelengkapan pelimpahan berkas perkara tersangka EM ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat," kata Ketut.

Perkara Edy Mulyadi terkait dengan pernyataannya yang menyebutkan Kalimantan Timur yang menjadi Ibu Kota Negara (IKN) merupakan tempat jin buang anak.

Salah satu kutipan Edy Mulyadi yang diduga menghina Kaltim di konferensi persnya berbunyi "Ini ada sebuah tempat elit, punya sendiri yang harganya mahal, punya gedung sendiri, lalu dijual, pindah ke tempat jin buang anak (IKN baru)".

Rekomendasi