Bersama Pemimpin Dunia, Megawati Sampaikan Pidato Virtual Terkait Perubahan Iklim yang Digelar Turki

| 31 Mar 2022 20:47
Bersama Pemimpin Dunia, Megawati Sampaikan Pidato Virtual Terkait Perubahan Iklim yang Digelar Turki
Megawati Soekarnoputri (Dok. KBRI Ankara)

ERA.id - Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri, menyampaikan pidato mengenai ekonomi dan perubahan iklim di forum Eco-Climate Summit di Congresium, Ankara, 30-31 Maret 2022.

Di forum yang mengusung tema “Membangun Peradaban Baru  Berwawasan Iklim (a new climate-friendly civilization)” tersebut, Megawati mengingatkan dunia mengenai iklim  yang nyata dan sudah sampai ke tahap yang mengancam kelangsungan umat manusia serta kebutuhan yang sangat mendesak untuk kolaborasi pada skala global guna mengatasinya.

“Prinsip Tanggung Jawab Bersama Namun Berbeda (Common but Differentiated Responsibilitie) sudah disepakati sejak Protokol Kyoto 1997, namun implementasi masih menjadi tanda tanya besar karena kompromi dan adu argument”, ujar Megawati dikutip dari keterangan resmi KBRI Ankara pada Kamis (31/03/2022).

“Memecahkan masalah iklim (climate crisis) juga harus menjawab pertanyaan tentang keadilan iklim (climate justice)….negara-negara industri maju harus menanggung beban utama dalam mengurangi krisis iklim”, imbuhnya.

Megawati juga menawarkan nilai-nilai yang terkandung dalam Dasar Negara Pancasila serta berbagai kearifan lokal dari berbagai budaya di Indonesia sebagai solusi guna mencegah dan memitigasi perubahan iklim global.

‘Indonesia sejak lama telah memiliki berbagai filososi dalam melestarikan lingkungan hidup, yang salah satunya tercermin dalam budaya jawa melalui frasa Memayu Hayuning Bawana yang memiliki arti memperindah alam semesta yang sudah indah...atau Nyepi di Bali yang memberi jeda rehat buat alam semesta’, terang Megawati.

Megawati, yang hadir secara daring, menyampaikan pidatonya pada sesi Pemimpin Dunia (World Leaders) bersama sejumlah mantan kepala negara dan kepala  pemerintahan antara lain President Colombia Andres Pastrana,  Presiden  Macedonia Gjorge Ivanov, PM Nepal Madav Kumar Nepal, Presiden Meksiko Felipe Calderon serta Wakil PM Kanada, Sheila Copps.

"Konsep perlunya jeda rehat ( resting period) bagi alam semesta yang disampaikan Ibu Megawati  menjadi perhatian dalam sesi-sesi diskusi selama berlangsungnya forum. Beberapa peserta juga menimpali bahwa puasa Ramadhan jika diterapkan secara utuh juga dapat menjadi jeda rehat bagi alam semesta", ujar Dion Swasono, Minister Counsellor Politik KBRI Ankara, yang menghadiri acara tersebut.

Eco-Climate Summit di selenggarakan oleh Kamar Dagang dan Industri Ankara. Kegiatan ini bertujuan untuk mengarusutamakan pengembangan industri yang berwawasan perubahan iklim melalui konversi sumber energi, konservasi lingkungan dan membangun ekosistem industri yang kondusif bagi ekonomi  sirkular.

Forum ini merupakan ajang diskusi serta bertukar pengalaman dalam isu perubahan iklim terbesar di kawasan Balkan dan Asia Tengah. Forum ini sebagian besari dihadiri oleh kalangan masyarakat madani, dunia usaha dan akademisi.

Kami juga pernah menulis soal Geram Dibully Soal Minyak Goreng, Megawati Tantang Adu Memasak: Ayo Tanding! Banyak yang Sudah Ngerasain Masakan Saya Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

 

Rekomendasi