Zulkifli Hasan Kumpulkan Elite PAN, Bima Arya Bocorkan Isinya: Bahas Isu Penundaan Pemilu hingga Posisi Koalisi

| 07 Apr 2022 15:52
Zulkifli Hasan Kumpulkan Elite PAN, Bima Arya Bocorkan Isinya: Bahas Isu Penundaan Pemilu hingga Posisi Koalisi
Wali Kota Bogor Bima Arya (Antara)

ERA.id - Sejumlah elite Partai Amanat Nasinal (PAN) berkumpul di kediaman Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan pada Kamis (6/4) malam.

Wakil Ketua Umum PAN Bima Arya membenarkan hal tersebut. Namun, pertemuan itu tidak membahas soal reshuffle kabinet, hanya sekedar menegaskan posisi PAN sebagai partai politik koalisi pemerintah.

"Tidak ada pembicaraan soal kabinet. Ketum (Zulkifli Hasan) hanya mengukuhkan posisi politik PAN sebagai pendukung pemerintah," kata Bima kepada wartawan, Kamis (7/4/2022).

Selain itu, menurut Bima, pertemuan semalam juga membahas soal larangan Presiden Joko Widodo kepada menterinya untuk tidak lagi membicarakan wacana penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden. Diketahui, PAN merupakan salah satu partai politik yang mendukung wacana tersebut.

Kata Bima, Zulhas menyampaikan bahwa wacana tersebut sudah tertutup kemungkinannya untuk diwujudkan karena tidak mendapatkan dukungan politik.

"Juga soal isu penundaan pemilu yang tidak akan terwujud karena dukungan politik yang tidak memadai," kata Bima.

Meskipun Jokowi menyampaikan larangan itu kepada jajaran menterinya, namun PAN menilai hal itu menjadi sinyal untuk semua pihak menghentikan wacana penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden.

"Pesan dari presiden tentu harus kita pahami sebagai pesan untuk semua," kata Bima.

Dihubungi terpisah, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan bahwa pertemuan di kediaman Zulhas hanya sebatas acara buka puasa untuk internal Fraksi PAN DPR RI.

Senada dengan Bima, menurut Viva, tidak ada pembicaraan soal reshuffle kabinet karena itu adalah kewenangan presiden. Zulhas hanya menekankan kembali posisi PAN untuk mendukung pemerintahan Jokowi.

"Fraksi PAN DPR RI secara konstitusional harus membantu kinerja dan program pemerintah," kata Viva.

"PAN sebagai partai koalisi pemerintah akan mengikuti arahan dan kebijakan Presiden Jokowi," pungkasnya.

Kami juga pernah menulis soal Pemkot Bogor Larang Sahur on The Road dan Pembagian Takjil di Jalan, Wali Kota Bima Arya: Silakan Berbagi Tanpa Arak-arakan Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Tags : bima arya pan
Rekomendasi