Dibawa ke KTT G20 Bali, Ini Spesifikasi The Beast untuk Pengamanan Joe Biden

| 14 Nov 2022 14:22
Dibawa ke KTT G20 Bali, Ini Spesifikasi The Beast untuk Pengamanan Joe Biden
The Beast (dunlop)

ERA.id - Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, tidak menggunakan fasilitas kendaraan yang disediakan oleh Indonesia untuk kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali 2022. Biden memilih menggunakan mobil khusus yang dibawa dari negaranya, Cadillac One atau “The Beast”. Hal ini menimbulkan pertanyaan, seperti apa spesifikasi The Beast?

Mobil The Beast untuk KTT G20 Bali (tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Seperti diketahui, Biden tiba di Bali pada Minggu, 13 November 2022 untuk menghadiri KTT G20 Bali 2022. Turun dari pesawat, Biden disambut tarian khas Bali. Setelah itu, berjalan menuju sederet kenaraan yang telah disiapkan untuk meninggalkan Bandara Ngurah Rai.

Terkait keputusan Amerika Serikiat untuk menggunakan mobil tersendiri, hal tersebut diperbolehkan sesuai asas resiprokal hubungan antarnegara. Indonesia pernah memberlakukan hal yang sama dalam pertemuan lain.

Spesifikasi The Beast dan Kecanggihannya

Dikutip Era dari Independen.co.uk, Cadillac One atau yang kerap disebut The Beast merupakan mobil antipeluru yang digunakan oleh Joe Biden, terutama dalam acara kenegaraan. Mobil ini punya bobot sekitar 6 hingga 9 ton.

Untuk membuat benda seberat itu berjalan, The Beast memiliki mesin diesel berkapasitas 5.000 cc. Dengan kata lain, mobil Presiden Amerika Serikat menggunakan bahan bakar solar.

Pemilihan bakar tersebut merupakan langkah yang disengaja sebab solar dianggap punya durabilitas tinggi. Bahan bakar solar punya votalitas rendah sehingga punya risiko meledak yang rendah.

Masih terkait keamanan, The Beast memiliki pintu berlapis baja setebal 8 inchi (20,32 cm). Jendelanya juga antipeluru dengan lapisan polikarbonat dan kaca setebal 5 inci (12,7 cm).

Sasis yang dimiliki mobil ini terbuat dari pelat baja kuat yang tahan karat. Sasis The Beast dirancang secara khusus agar mampu menahan serangan atau ledakan bom. Selain itu, tangki bahan bakarnya juga dibuat dari bahan yang antipeluru dan dilapisi busa khusus untuk meredam ledakan.

Keamananan penumpang mobil The Beast tak berhenti pada bagian badan mobil. Ban yang digunakan untuk mobil ini menggunakan bahan yang keras dan tahan terhadap tusukan. Bagian kaki-kaki didukung pelek yang tahan karat dengan kemampuan untuk membuat mobil bisa melaju dengan kecepatan tinggi meski ban rusak.

Selain itu, masih ada beberapa kecanggihan dari mobil The Beast. Dilansir detikoto, mobil yang dibawa untuk KTT G20 Bali ini dilengkapi penglihatan malam dan pasokan oksigen. Selain itu, terdapat telepon satelit serta kode nuklir. Mobil The Beast juga mampu menembakkan gas dari bumper bagian depan.

The Beast juga menyimpan golongan darah Presiden Joe Biden bersama dengan defibrilator dan peralatan darurat yang lain untuk menunjang keselamatan sang Presiden. Itulah spesifikasi The Beast yang bisa diketahui terkait ketangguhan dan kecanggihannya.

Rekomendasi