Dihukum 8.658 Tahun Penjara, Siapa Harun Yahya Sebenarnya?

| 18 Nov 2022 20:05
Dihukum 8.658 Tahun Penjara, Siapa Harun Yahya Sebenarnya?
Harun Yahya (Twitter)

ERA.id - Adnan Oktar atau yang lebih dikenal sebagai Harun Yahya adalah salah satu orang paling kontroversial di dunia. Siapa Harun Yahya Sebenarnya? Apa hanya sebatas penulis buku berlabel Islam?

Dilansir dari laman organisasi Inggris New Humanist, kekuasaan Yahya beroperasi dari Istanbul, dirinya adalah pendiri Science Research Foundation, sebuah kerajaan penerbitan yang mengesankan yang memiliki lebih dari 60 situs web yang didedikasikan untuk tulisan-tulisannya.

Siapa Harun Yahya Sebenarnya?

Buku Harun Yahya (Twitter)

Science Research Foundation menyediakan film dokumenter dan rekaman audio dalam lima belas bahasa, termasuk Turki, Inggris, Rusia, Amharik dan Arab. Organisasi tersebut bahkan mengklaim menjual lebih dari setengah juta buku per tahun.

Penjualan tersebut termasuk Atlas Penciptaan bergambar lengkap setebal 850 halaman yang terkenal, dan dikirim gratis dalam dua volume ke lusinan universitas, perpustakaan, dan ilmuwan terkemuka (termasuk Richard Dawkins) di seluruh dunia.

Atlas tersebut memiliki detail yang sangat teliti, dengan sekumpulan foto, grafik, dan statistik yang diselingi dengan ayat-ayat Alquran. Atlas ini dimaksudkan untuk membuktikan bahwa Darwin salah besar, bahwa setiap tanaman dan hewan diciptakan secara utuh, dan bahwa tidak pernah terjadi modifikasi melalui seleksi alam.

Sementara itu, menurut azureedge, Harun Yahya adalah seorang penipu besar. Menariknya dia dijelaskan oleh para pendukungnya sebagai 'ilmuwan' yang dihormati dan memiliki publikasi di bidang minat yang sangat beragam.

Faktanya adalah publikasi dan yayasan Harun Yahya baru-baru ini dilarang di Turki, dan sebagian besar anggota "sekte" nya telah dikirim ke pengadilan. Hal tersebut bukan karena aktivitas Islam dan ilmiah mereka, tetapi karena kejahatan seperti pemerasan, pemerasan, kepemilikan senjata tanpa izin, dan hubungan seksual dengan anak di bawah umur.

Aktivitas Kriminal Harun Yahya

Sekitar tiga tahun lalu, atas pengaduan para korban dan kecurigaan selama bertahun-tahun, polisi Turki menggerebek tempat tinggal kelompok ini. Penemuan di rumah-rumah dan kesaksian para anggota kelompok sangat mengejutkan.

Dengan kedok mempromosikan Islam dan fakta-fakta ilmiah, para anggota kelompok itu diketahui terlibat dalam aktivitas kriminal yang luas. Kejahatan ini termasuk pemerasan, kepemilikan senjata tanpa izin dan hubungan seksual dengan individu di bawah usia 18 tahun.

Bahkan Harun Yahya terekam kamera polisi (dibocorkan dan ditayangkan di saluran TV Turki seperti Kanal D, ATV, Star) mengaku memeras orang-orang yang mereka anggap sebagai penghambat usaha mereka.

Orang-orang yang diperas Yahya termasuk wartawan surat kabar Hurriyet, Emin Colasan, dan Fatih Altayli, setelah mereka mempertanyakan beberapa kegiatan Harun Yahya seperti menyuap pemerintah kota Ankara.

Politisi seperti Celal Adan (Anggota Parlemen) dan Mesut Yilmaz (mantan Perdana Menteri Turki) menjadi korban kelompok ini. Kelompok Oktar mengatur foto palsu (montase foto) Mesut Yilmaz dalam pakaian dan upacara Freemason, dan memalsukan sertifikat Freemasonary palsu untuknya.

Pemalsuan tersebut ditanggapi dengan serius dan diterbitkan di beberapa surat kabar pro-Islam (tanpa mengetahui bahwa itu adalah penipuan). Akibatnya, PM mengalami kerusakan serius secara politik selama sisa pemerintahannya.

Harun Yahya Dituduh Melakukan Pelecehan Seksual

Tapi kegiatan Yahya dan pengikutnya yang paling mengejutkan bukanlah hal-hal di atas. Dalam penggerebekan mendadak, 20 wanita dan 2 pria lainnya ditemukan di kediamannya. Sebagian besar perempuan berusia di bawah 18 tahun dan mereka mengklaim bahwa mereka telah melakukan hubungan seksual dengan Oktar dan anggota sektenya.

Dalam kesaksiannya, Yahya mengaku tidak melakukan kejahatan karena persetubuhan itu dilakukan atas dasar suka sama suka, diperbolehkan menurut hukum Turki. Selanjutnya, Yahya menegaskan bahwa hubungan seksual ini juga diperbolehkan secara agama di bawah Islam karena dia dan para pengikutnya tidak melakukan 'hubungan seksual yang sebenarnya dengan gadis-gadis ini'.

Dia dan para pengikutnya mengklaim bahwa mereka hanya melakukan hubungan seks 'anal dan oral'. Mereka lebih menyukai hubungan seksual semacam ini karena menurut Alquran, menurutnya, tindakan tersebut tidak dilarang di luar pernikahan.

Menurut interpretasi pengikut Yahya 'hubungan vagina' adalah 'haram' tetapi 'hubungan anal dan oral' adalah 'halal' ketika belum menikah.

Harun Yahya Divonis 8.658 Tahun Penjara

Kabar terbaru mengungkapkan jika Harun Yahya, divonis 1.075 tahun penjara. Pengadilan Turki memutuskan pria berusia 64 tahun itu bersalah atas pemerkosaan dan kejahatan konspirasi.

Harun Yahya ditangkap pada 2018. Saat itu polisi menggerebek sejumlah tempat terkait Harun Yahya dan kelompoknya. Tempat-tempat tersebut tersebar di lima provinsi di Turki.

Penggerebekan dilakukan terkait dugaan kejahatan keuangan, penipuan, pelecehan seksual, dan kejahatan konspirasi yang dilakukan oleh Harun Yahya dan kelompoknya. Harun Yahya sendiri ditangkap di Istanbul, di kediamannya, di kawasan Cengelkoy.

Menariknya dalam persidangan terbaru Harun Yahya divonis penjara 8.658 tahun dalam persidangan ulang yang digelar di pengadilan tinggi Turki pada Rabu (17/11/2022).

Dikutip dari The Jerusalem Post, Harun Yahya terbukti terlibat dalam organisasi teroris, pelecehan seksual, merampas kebebasan seseorang, melakukan spionase dan pencucian uang.

Pengadilan sebenarnya menjatuhkan hukuman penjara 891 tahun kepada Harun Yahya atas dakwaan yang ditujukan kepadanya. Namun, pengadilan juga menyatakan Adnan bertanggung jawab atas kejahatan yang dilakukan oleh antek-anteknya, sehingga total hukuman penjara menjadi 8.658 tahun.

10 terdakwa lain yang merupakan bagian dari aliran sesat juga dijatuhi hukuman 8.658 tahun penjara

Akhir Perjalanan Harun Yahya

Science Research Foundation pada akhirnya ditutup. Adnan Oktar (alias Harun Yahya), dan sekitar 40 anggota sektenya dibawa ke pengadilan dan diadili. Sesampai disana, mereka menyangkal kebenaran pengakuan asli mereka dan mengklaim bahwa mereka disiksa.

Proses peradilan berlangsung lebih dari 2 tahun, di mana sebagian besar pengadu mencabut klaim mereka karena ancaman atau suap dari anggota sekte. Akibatnya sebagian besar kasus terhadap orang-orang ini dibatalkan, dengan hanya dua dari mereka dipenjara masing-masing selama 1 tahun.

Selain siapa Harun Yahya sebenarnya, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi