Penyebab Kartu ATM Tertelan, Salah Satunya Modus Kejahatan

| 03 Dec 2022 08:33
Penyebab Kartu ATM Tertelan, Salah Satunya Modus Kejahatan
Ilustrasi ATM (Unsplash)

ERA.idAutomatic Teller Machine (ATM) di masa sekarang sudah menjadi keharusan masyarakat dalam mengambil uang. Namun tidak jarang kartu ATM akan tertelan di mesin. Lantas apa penyebab kartu ATM tertelan dan bagaimana mengatasinya?

Jangan sampai salah memasukkan PIN (Unsplash)

Pada beberapa mesin ATM, yang menjadi penyebab kartu ATM tertelan adalah kesalahan nasabah itu sendiri, yaitu saat salah memasukkan PIN tiga kali berturut-turut. Hal tersebut membuat Kartu ATM akan otomatis tertelan.

Penyebab Kartu ATM Tertelan

Dilansir dari Ajaib Sekuritas, terdapat beberapa penyebab yang membuat ATM Anda tertelan oleh mesin. Berikut ini Beberapa di antaranya:

  1. Lama Cabut Kartu

Biasanya kartu ATM keluar otomatis sesaat Anda menyelesaikan transaksi. Akan tetapi, kartu ATM sebenarnya belum keluar dari mesin ATM, sehingga Anda harus mencabut dan mengambil kartu dari mesin.

Segera cabut kartu setelah transaksi selesai (Unsplash)

Biasanya para pengguna akan terlalu menarik kartu ATM dari mesin ATM. Dalam beberapa kasus, nasabah tidak segera mencabut kartu ATM. Padahal, jika tidak segera menariknya, kartu ATM akan ‘tertarik’ kembali ke dalam mesin ATM.

Mengapa dapat terjadi demikian? Hal tersebut adalah bagian dari sistem keamanan bank itu sendiri yang mendeteksi aktivitas mencurigakan.

  1. Mesin Rusak

Salah satu akibat rusaknya mesin ATM adalah tertelannya kartu ATM milik nasabah. Selain itu, mesin ATM rusak pun bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti perangkat di dalamnya sudah tidak laik fungsi.

Akan tetapi gangguan satelit akan ‘memuntahkan’ kartu ATM yang baru saja dimasukkan ke mesin ATM sebagai indikasi bahwa mesin ATM tersebut tidak bisa digunakan saat itu.

  1. Aksi Tipu-Tipu Kejahatan

Kartu ATM yang tertelan juga dapat menjadi akibat dari modus kejahatan perbankan. Pelaku biasanya akan mengganjal lubang masuk kartu dengan benda asing, seperti tusuk gigi, kawat, atau lainnya.

Kemudian saat nasabah pergi meninggalkan mesin ATM, maka pelaku akan mendapat kartu ATM yang tertelan hingga membongkar PIN kartu. Selain itu, pada sejumlah kasus akan ada orang yang berpura-pura menolong.

Pelaku tipu-tipu akan berpura-pura menolong dan mengarahkan untuk menghubungi call center yang tertera. Selanjutnya nomor yang dihubungi akan berpura-pura menjadi pegawai bank dan meminta nomor PIN kartu ATM nasabah bersangkutan.

Cara Mengatasi Kartu ATM yang Tertelan

Apakah yang harus dilakukan jika kartu Debit tertelan di ATM? Dilansir dari laman resmi Mandiri, hal pertama yang harus dilakukan adalah memblokir kartu yang tertelan di ATM melalui call center atau cabang.

Bagi Anda pengguna ATM Mandiri dapat memblokir kartu yang tertelan di ATM dengan beberapa cara berikut ini:

  1. Melalui Livin by Mandiri

•    Pada halaman beranda pilih Pengaturan

•    Pilih Kartu Debit & Kartu Kredit

•    Pilih Kartu Debit atau Kartu Kredit yang ingin dilakukan pemblokiran

•    Pilih Blokir Sementara

•    Periksa kembali informasi kartu yang ingin Anda blokir kemudian tap Blokir Kartu

•    Tunggu hingga muncul notifikasi Kartu Berhasil Diblokir Sementara

  1. Melalui call center

•    Hubungi call center Bank Mandiri 14000

•    Hubungi call center 021-52997777 bila nasabah berada di luar negeri

•    Petugas call center akan melakukan verifikasi data

•    Petugas call center akan melakukan blokir pada kartu

  1. Melalui cabang

•    Siapkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian, KTP, dan Buku Tabungan.

•    Petugas Bank Mandiri akan melakukan blokir terhadap kartu lama

•    Petugas Bank Mandiri melakukan proses penggantian Kartu Debit (tidak dikenakan biaya).

Selain penyebab kartu atm tertelan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi