Sandaran Tangan di Kursi Tengah Pesawat, Siapa yang Lebih Berhak Menggunakan?

| 15 Jul 2023 12:05
Sandaran Tangan di Kursi Tengah Pesawat, Siapa yang Lebih Berhak Menggunakan?
Ilustrasi (Pixabay)

ERA.id - Jika sering naik pesawat, tentunya Anda tahu terdapat tiga posisi kursi di dalamnya, yakni window seat yang lokasinya berada di dekat jendela, aisle seat yang terletak di dekat lorong kabin, dan kursi pada bagian tengah. Saat naik pesawat, tentu ada kalanya Anda mendapatkan kursi di bagian tengah. Tak jarang pula ada penumpang yang kebingungan untuk menyikapi sandaran tangan di kursi tengah pesawat. Lantas siapa saja yang berkah menggunakan sandaran tangan di kursi tengah pesawat?

Sandaran tangan di kursi tengah pesawat jadi rebutan penumpang

Tidak jarang, sandaran tangan di bagian bangku tengah pesawat menjadi rebutan penumpang. Namun, tahukah Anda, bahwa terdapat etika mengenai sandaran tangan ini dan ada orang yang berhak untuk menggunakannya.

Ilustrasi sandaran tangan di kursi tengah pesawat (Unsplash)

Angkasa Pura menyampaikan melalui akun Instagram @ap_airports, bahwa sandaran tangan di kursi penumpang bagian tengah merupakan hak penumpang yang diberikan tempat duduk di kursi tengah.

Mengapa bisa demikian? Sebab penumpang yang duduk di bangku tengah memiliki ruang gerak yang lebih sedikit ketimbang penumpang yang duduk di dekat jendela maupun di dekat lorong kabin.

"Buat kamu yang dapat kursi di tengah saat duduk di pesawat, dua sandaran tangan yang ada di kiri dan kanan adalah hak kamu," demikian tulisan di akun Instagram Angkasa Pura.

"Alasannya, penumpang yang duduk di tengah nggak punya kebebasan ruang gerak seperti penumpang di window seat dan aisle. Kalau penumpang yang duduk di window seat bisa menyandarkan kepalanya di jendela. Sedangkan, buat yang duduk di sisi aisle punya keleluasaan apabila akan berjalan ke lorong untuk ke toilet dan keluar pesawat," lanjut penjelasan pada caption tersebut.

Etika tidak tertulis dalam pesawat

Selain itu, menurut Angkasa Pura, hal tersebut menjadi salah satu etika dan peraturan tidak tertulis yang ada di dalam pesawat. Selama di pesawat, para penumpang pun diharapkan dapat menaati etika dan peraturan tersebut.

Pihak Angkasa Pura memberikan imbauan agar tidak ada lagi rebutan sandaran tangan kursi bagian tengah antar penumpang pesawat. Penumpang yang duduk di window seat dan aisle seat diharapkan dapat menghargai hak penumpang yang mendapatkan jatah duduk di kursi bagian tengah.

Demikianlah penjelasan tentang sandaran tangan di kursi tengah pesawat dan yang berhak menggunakannya. Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi