Kursi Ternyaman untuk Penerbangan Jarak Jauh, Saran Pilot Profesional dan Pakar Traveler

| 28 Apr 2024 20:06
Kursi Ternyaman untuk Penerbangan Jarak Jauh, Saran Pilot Profesional dan Pakar Traveler
Kursi ternyaman untuk penerbangan jarak jauh (Freepik)

ERA.id - Perjalanan pesawat akan terasa menyenangkan ketika duduk di kursi yang nyaman. Memilih kursi pesawat menjadi pertimbangan penting saat akan melakukan perjalanan udara. Tidak hanya memilih jenis maskapainya saja, namun Anda juga harus menentukan di mana ingin duduk. 

Saat memesan tiket penerbangan, seringkali penumpang bingung ingin memilih kursi sebelah mana. Pastinya Anda ingin mendapatkan tempat duduk yang paling nyaman di dalam pesawat. Namun kursi ternyaman biasanya menjadi rebutan banyak orang. 

Seringkali Anda harus ‘war’ dengan penumpang lain untuk mendapatkan tempat duduk paling nyaman di pesawat. Karena jadi incaran, tak semua orang beruntung memperoleh kursi yang diinginkan. Bagi Anda yang berencana naik pesawat, ketahui kursi ternyaman untuk penerbangan jarak jauh.

Kursi Ternyaman untuk Penerbangan Jarak Jauh

Penerbangan jarak jauh memang melelahkan dan bikin bosen. Namun perjalanan pesawat bisa terasa enjoy dan menyenangkan ketika Anda duduk di kursi yang nyaman. Sayangnya sebagian penumpang masih belum tahu bagian mana kursi yang paling nyaman di pesawat. 

Tidak sedikit orang yang mengira tempat duduk terbaik di pesawat disetel di bagian depan. Padahal kursi ternyaman di pesawat bukan yang berada di barisan depan. CEO MattressNextDay, Martin Seely, mengungkapkan bahwa posisi kursi terbaik justru di tengah kabin. 

Martin Seely lebih merekomendasikan posisi duduk di tengah bagi penumpang yang ingin menikmati perjalanan dengan nyaman. Dari pengakuannya, kursi bagian tengah bisa memberikan kenyamanan lebih karena tidak terlalu terpengaruh oleh pergerakan pesawat. 

"Pertama-tama, kamu harus menghindari kursi dekat toilet di mana orang-orang biasanya saling berbicara. Sebaliknya, kamu bisa memilih kursi yang berada sebaris dengan sayap pesawat," kata Seeley.

kursi ternyaman untuk penerbangan jarak jauh (Freepik)

Di samping itu, Martin Seely juga mengakui bahwa posisi kursi tengah kabin memang tidak sehening tempat duduk bagian lain. Namun alasan lain mengapa kursi yang di tengah paling nyaman yakni karena memberikan keleluasaan. Penumpang bisa lebih leluasa bergerak, terlebih jika berada di dekat pintu darurat.  

"Meski tak sesenyap area lainnya, kursi yang dekat dengan sayap pesawat biasanya berada di dekat pintu darurat. Kamu bisa mendapatkan lebih banyak ruang untuk kaki-mu," tambahnya.

Seorang pilot berpengalaman, Patrick Smith, juga menyampaikan hal yang senada dengan Martin Seely. Smith merekomendasikan kepada traveler untuk duduk di kursi bagian tengah. 

Menurutnya, kursi di posisi tengah tidak terlalu terguncang oleh gerakan pesawat. Ia juga menambahkan bahwa tempat paling nyaman adalah di dekat sayap pesawat. Posisi tersebut berada paling dekat dengan daya angkat dan pusat gravitasi pesawat. 

Kursi Pesawat yang Kurang Disarankan 

Menjadi hal penting juga bagi penumpang untuk menghindari kursi yang tidak nyaman di pesawat. Sebenarnya semua kursi di pesawat telah diatur sebagai tempat duduk yang nyaman selama perjalanan udara. 

Namun ada beberapa bagian kursi yang dirasa tidak senyaman kursi di posisi lain. Tempat duduk yang tidak direkomendasi jika ingin menikmati perjalanan secara nyaman adalah posisi belakang. Jika masih banyak kursi kosong, sebaiknya hindari kursi belakang atau bagian ekor pesawat.

Mengapa kuris bagian belakang pesawat dinilai tidak nyaman? Semakin jauh tempat duduk dengan sayap pesawat, maka pengaruh turbulensinya akan lebih terasa. Ketika duduk di kursi belakang, Anda akan merasakan turbulensi dan bumpy alias guncangan. 

Demikianlah rekomendasi kursi ternyaman untuk penerbangan jarak jauh yang bisa Anda pilih. Berdasarkan saran pilot profesional dan pakar perjalanan, sebaiknya memilih kursi di bagian tengah kabin. Anda bisa menikmati perjalanan dengan duduk nyaman dan tidak terlalu terganggu oleh turbulensi dan guncangan. Baca juga syarat ibu hamil naik pesawat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi