Rekam Jejak Mahfud MD, Calon Wakil Presiden Pasangan Ganjar Pranowo

| 18 Oct 2023 16:04
Rekam Jejak Mahfud MD, Calon Wakil Presiden Pasangan Ganjar Pranowo
Rekam jejak mahfud md (PDIP)

ERA.idMahfud MD adalah publik figur yang telah lama berkiprah di panggung politik dan peradilan Indonesia. Sesudah dirinya diumumkan menjadi calon wakil presiden, rekam jejak Mahfud MD menjadi perhatian.

Artikel ini akan mengulas beberapa hal yang menarik seputar Mahfud MD, menggali peran dan kontribusinya dalam perkembangan hukum dan politik Indonesia selama bertahun-tahun.

Rekam Jejak Mahfud MD

  1. Kelahiran Madura

Mahfud MD secara resmi diumumkan sebagai calon wakil presiden (cawapres) dari Partai Perindo yang akan mendampingi Ganjar Pranowo pada hari Rabu, 18 Oktober.

Mahfud lahir pada 13 Mei 1957 di Madura, Jawa Timur dan merupakan anak keempat dari tujuh bersaudara. Ayahnya, Mahmodin, bekerja sebagai pegawai di kantor Kecamatan Omben, sementara ibunya bernama Suti Khadidjah.

Pendidikan dasar Mahfud dimulai di madrasah diniyyah di Pamekasan, dan kemudian ia dikirim untuk belajar di PGA Negeri di Pamekasan.

Mahfud akan berpasangan dengan Ganjar (PDIP)
  1. Mantan Aktivis

Sebelum meniti karir politik dan pemerintahan, Mahfud MD dikenal sebagai seorang aktivis. Semasa muda, dia juga aktif sebagai aktivis PII (Pelajar Islam Indonesia) dan HMI (Himpunan Mahasiswa Islam).

Mahfud MD diketahui  meraih gelar Doktor pada tahun 1993 dari Universitas Gadjah Mada. Sebelum diangkat sebagai Menteri, dia adalah pengajar dan Guru Besar Hukum Tata Negara di Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta.

  1. Menduduki Jabatan Penting

Berikut ini adalah posisi dan jabatan yang pernah diemban oleh Mahfud MD:

  • Staf pengajar dan Guru Besar di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta sejak 1984.
  • Menteri Pertahanan RI (2000-2001).
  • Menteri Kehakiman dan HAM (2001).
  • Wakil Ketua Umum Dewan Tanfidz DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) (2002-2005).
  • Rektor Universitas Islam Kadiri (2003-2006).
  • Anggota DPR-RI, duduk di Komisi III (2004-2006).
  • Anggota DPR-RI, duduk di Komisi I (2006-2007).
  • Anggota DPR-RI, duduk di Komisi III (2007-2008).
  • Wakil Ketua Badan Legislatif DPR-RI (2007-2008).
  • Anggota Tim Konsultan Ahli pada Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Depkum-HAM Republik Indonesia.
  1. Menjabat Menteri

Mahfud saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. Selain itu, Mahfud juga memiliki latar belakang yang erat dengan Nahdlatul Ulama (NU).

Perlu diketahui, pada Pilpres 2019, Mahfud hampir menjadi cawapres dari Joko Widodo, tetapi akhirnya, Ma'ruf Amin yang mendampingi Jokowi. Meskipun gagal meraih posisi wakil presiden saat itu, Mahfud diangkat menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

  1. Apa yang dimaksud dengan Mahfud MD?

Mahfud pernah menceritakan asal-usul penambahan 'MD' atau 'Md' pada namanya dalam sebuah wawancara yang disiarkan dalam program Hitam-Putih di Trans7 pada 29 Maret 2018. Saat itu, Mahfud menceritakan pengalamannya saat masuk SMP, di mana ada tiga orang yang memiliki nama Mahfud, termasuk dirinya.

Situasi semakin membingungkan ketika guru harus mengabsen para siswa. Guru tersebut kemudian menanyakan nama ayah dari setiap Mahfud yang hadir. Mahfud kemudian menceritakan, "Akhirnya guru saya bertanya tentang nama ayah dari masing-masing Mahfud tersebut, dan ayah saya bernama Mahmudin."

Namun, Mahfud masih merasa ada yang kurang pas. Oleh karena itu, dia mengusulkan kepada gurunya untuk menambahkan 'MD' atau 'Md' pada namanya sebagai singkatan dari nama ayahnya, yakni Mahmudin.

Selain rekam jejak mahfud md, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi