Era in Podcast - Sukses Timnas U-16 Ditularkan ke Asian Games?

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Ilustrasi (Mahesa/era.id)

Jakarta, era.id - Erainpodcast merupakan podcast berita terkini. Erainpodcast akan membacakan informasi menarik yang disajikan oleh tim era.id. Kamu hanya cukup klik tombol "play" di bawah ini dan kamu bisa mendengarkan berita tanpa harus membaca. Inilah cara baru untuk menikmati berita.



Indonesia patut berbangga dengan prestasi timnas U-16 yang meraih gelar juara Piala AFF U-16. Harapan untuk Tim Garuda pun seakan terbuka untuk masa yang akan datang. Namun, terlalu dini gak sih kalo kita bilang tahun 2018 ini sebagai tahun kebangkitan sepak bola Indonesia?

Ya namanya juga harapan, jadi sah-sah aja bukan? Apalagi kita sudah terlalu lama berharap untuk prestasi timnas. Gak dapat dipungkiri, setiap kali Tim Garuda mencapai babak semifinal atau final sebuah turnamen, apalagi kalo melawan Thailand atau Malaysia, harapan nyaris selalu kandas. Namun apa yang telah diraih oleh Indonesia U-16 patut menjadi sebuah harapan, Thailand dipaksa takluk di Final Piala AFF U-16 tahun 2018 lewat drama adu penalti, Pujian untuk prestasi ini pun tak berkesudahan, apalagi Indonesia berhasil mencatatkan diri sebagai tim yang tak terkalahkan dan mencetak gol terbanyak dengan 22 gol.

Asian Games 2018 bisa menjadi sebuah harapan baru bagi timnas Indonesia meskipun prestasi sepak bola kita cenderung pasang surut.

Timnas U-16 Asian Games

Kita coba untuk melihat jauh ke belakang, pada Asian Games Tokyo 1958, Indonesia memperoleh pencapaian terbaiknya di acara multi event ini. Indonesia berhasil meraih medali perunggu, bahkan penyerang Persib Bandung, Wowo Sunaryo tampil sebagai pencetak gol terbanyak dengan 23 gol.

Tapi sayangnya, Indonesia tidak berhasil mengukir prestasi di Asian Games 1962 hingga 1970. Oleh karena hasil yang kurang baik ini, KONI memutuskan untuk tidak lagi mengirimkan kontingen sepak bola ke ajang Asian Games dan mengambil masa vakum selama 16 tahun.

Teguran dari Konfederasi Sepak bola Asia atau yang dikenal dengan AFC membuat PSSI kembali ambil bagian di Asian Games 1986 yang diselenggarakan di Seoul. Belasan tahun absen, namun timnas Indonesia mampu meraih posisi keempat.

4 tahun setelahnya, KONI memberikan syarat untuk timnas Indonesia untuk meraih trofi Piala Kemerdekaan agar timnas bisa ikut serta dalam Asian Games 1990 di Beijing. Namun sayangnya, trofi tersebut gagal diraih.

Indonesia kembali mengikuti Asian Games pada tahun 2006 di Doha dengan hasil yang mengecewakan. Timnas tidak mampu meraih kemenangan dari Irak, Suriah, dan Singapura di babak fase grup.

Asian Games 2010 di Beijing, Indonesia lagi-lagi absen. 4 tahun berikutnya, Asian Games di Incheon, timnas Garuda hanya mampu lolos hingga babak 16 besar karena kalah melawan Korea Utara dengan skor 4-1.

Pada pertandingan pembuka Asian Games 2018 kali ini, Indonesia mampu meraih kemenangan dari China Taipei. Indonesia U-23 kembali menatap gelar yang didambakan sejak lama, apalagi kesuksesan yang diraih timnas U-16 bisa menjadi semangat baru bagi timnas U-23. Memang mungkin ini masih terlalu dini, tapi harapan besar bagi timnas akan selalu ada dan keriuhan kami akan selalu menggetarkan stadion. Ayo Indonesia, kalau bukan sekarang, kapan lagi?
    

Tag: erainpodcast

Bagikan: