Bola Billiar Terbuat dari Bahan Apa? Simak Penjelasan Berikut

| 12 Oct 2022 16:00
Bola Billiar Terbuat dari Bahan Apa? Simak Penjelasan Berikut
Ilustrasi bola billiard (unsplash)

ERA.id - Biliar atau billiard termasuk olahraga yang cukup familiar di masyarakat. Salah satu komponen terpenting dari permainan ini adalah bolanya. Ketika disentuh, terkadang muncul pertanyaa, bola billiard terbuat dari bahan apa ya?

Orang bermain biliar (unsplash)

Bola biliar tampak berbeda dari bola pada umumnya. Bola tersebut sangat keras, cukup berat saat dibawa, punya permukaan yang licin seperti keramik, tetapi tidak pecah ataupun cuil saat berbenturan satu sama lain.

Jika mau dibandingkan dengan sesuatu (semacam bola) dengan permukaan mirip, kelereng yang ukurannya lebih kecil dan ringan akan cuil saat saling bertenturan. Kenapa bola dalam permainan biliar tidak?

Bola Billiard Terbuat dari Bahan Apa?

Tidak diketahui secara pasti kapan permainan biliar ditemukan. Namun, sejarah mencatat bahwa pada saat pertama kali permainan ini ditemukan menggunakan bola yang dibuat dengan bahan dasar gading gajah, dikutip Era dari Madura raya.

Ini tentu mengejutkan, sebab gading gajah merupakan salah satu benda yang peredarannya dilarang. Gajah pun termasuk binatang yang dilindungi. Namun, penemuan tersebut terjadi pada zaman dahulu.

Waktu terus berjalan, muncullah kekhawatiran terhadap populasi gajah, salah satu sebabnya adalah perburuan gajah untuk mengambil gadingnya sebagai bahan pembuatan bola biliar. Pada tahun 1866, John Wesley Hyatt, warga Amerika Serikat, menemukan sebuah solusi.

Dia menemukan fakta bahwa seluloid bisa dibentuk menjadi bahan yang keras. Seluloid merupakan bahan yang terbuat dari campuran beberapa zat kimia, seperti kapur barus dan lain-lain.

Tahap perubahan bahan dasar bola biliar ini tidak menemui jalan yang baik. Bola biliar yang dibuat dari seluloid masih punya kekurangan, yaitu mudah pecah. Jelas hal ini jadi masalah sebab bola-bola biliar akan disodok dengan keras dan saling berbenturan di atas meja biliar.

Setelah melalui proses yang panjang, berbagai riset pun dilakukan untuk mendapatkan solusi terkait bahan dasar pembuatan bola biliar dengan kualitas bagus.

Pada tahun 1920, ditemukanlah bahan dasar yang cocok untuk dijadikan bola biliar, yaitu plastik. Bahan ini punya kekuatan yang cukup untuk bertahan dari benturan-benturan keras.

Penggunaan plastik sebagai bahan pembuatan bola biliar kemudian menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan populasi gajah. Plastik yang dicampur dengan beberapa bahan kimia membuat produksi bola biliar bisa dilakukan dengan lebih masif tanpa mengancam keberadaan gajah di muka bumi.

Waktu terus berjalan, ilmu pengetahuan berkembang, teknologi semakin canggih. Berbagai pengembangan dilakukan sehingga produksi bola biliar bisa lebih efisien dan ramah lingkungan. Itulah penjelasan dari pertanyaan bola billiard terbuat dari bahan apa.

Rekomendasi