Sudah Tahu? Berikut 6 Brand Motor Buatan Indonesia yang Cukup Diperhitungkan

| 10 Oct 2022 23:01
Sudah Tahu? Berikut 6 Brand Motor Buatan Indonesia yang Cukup Diperhitungkan
Ilustrasi motor Viar. (Foto: Viar.co.id)

ERA.id - Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang dapat dikendarai dengan nyaman, baik untuk perjalanan jarak dekat maupun jarak jauh. Dengan mengendarai sepeda motor, perjalanan kita tentunya akan lebih dipersingkat karena lebih cepat sampai tujuan dibandingkan dengan transportasi lain. Selain itu, kita tak perlu repot-repot mengantre untuk membeli tiket, dan takut kehabisan tempat duduk.

Hal inilah yang menjadikan sepeda motor sebagai salah satu alat transportasi yang paling diminati banyak orang. Dengan sepeda motor, kita bisa mendukung mobilitas yang terlalu padat.

Namun, tahukah Anda, jika sebenarnya sepeda motor tidak hanya diproduksi oleh industri otomotif dari luar negeri? Ya, produksi motor buatan Indonesia sebenarnya sudah cukup berkembang pesat. Indonesia saat ini mempunyai startup dan pabrikan motor secara mandiri. Selain itu, motor yang diproduksi Indonesia sebenarnya sudah banyak yang dipasarkan, tetapi sejauh ini, media mainstream belum banyak yang memberitakan.

Nah, apakah Anda mengenal apa saja motor produksi putra-putri Indonesia yang patut dibanggakan ini? Jika belum tahu, daftar di bawah ini akan menjadi informasi penting untuk Anda.

Viar

Tentunya Anda tahu jika Viar merupakan motor asli Indonesia. Brand ini diproduksi dan dirakit di ibu kota Jawa Tengah, Semarang. Walaupun beberapa komponen memang diimpor dari Taiwan dan Cina, tapi untuk perakitan motor ini benar-benar dilakukan di Indonesia dan langsung berada di bawah naungan brand milik orang Indonesia.

Viar memang kebanyakan memproduksi motor dengan roda 3 yang difungsikan untuk niaga. Namun, Viar juga memproduksi sepeda motor roda dua yang cukup diperhitungkan. Ada jenis motor yang digunakan untuk touring, adventure, dan juga motor dengan tenaga listrik.

Gazgas

Brand ini lebih menitikfokuskan pada produksi motor dengan jenis off-road atau motor trail. Dengan tempat produksi yang terletak di Pasuruan, Gazgaz sudah diproduksi sejak tahun 2014 silam.

Salah satu produk yang menjadi andalan yaitu Gazgas dengan seri GXE 450 Supermoto Edition yang elegan dan siap untuk dibawa berpetualang.

Gesits

Jokowi mengendarai motor listrik Gesits. (Foto: gesitsmotors.com)

Motor ini adalah hasil kerjasama antara Garasindo dengan Institut Teknologi Surabaya berupa motor listrik. Dengan kualitas yang cukup baik, secara nasional produknya mulai dipasarkan di beberapa kota besar Indonesia.

SOIB

Bagi penggemar motor dengan taste Eropa, mungkin sudah mengetahui dengan detail kisah dari brand ini. SOIB sudah hadir sejak tahun 2008, dan sampai saat ini masih memproduksi motor dengan gaya street racer dan cafe racer. Kapasitas mesin yang besar dan desain yang terkesan estetik menjadi daya tarik utamanya.

Happy

Pada awal tahun 2000, mungkin namanya pernah terdengar dengan beberapa produk yang mempunyai desain unik. Produksinya sudah dijalankan sejak cukup lama, dan bertempat di kawasan Pakisaji daerah Malang. Happy mempunyai varian produk yang bermacam-macam, mulai dari sepeda motor klasik, trail, sampai sepeda motor niaga dengan roda tiga.

Kaisar

Barangkali tidak banyak orang yang tahu jika brand Kaisar adalah brand asli Indonesia. Brand ini cukup terkenal dengan produk motor besar dan motor niaganya, juga mempunyai segmen pasar yang cukup setia dengan produk yang dihasilkannya.

Demikianlah penjelasan tentang motor buatan indonesia beserta beberapa brand yang bisa diandalkan. Tentunya kita masih menunggu karya anak bangsa di bidang otomotif yang berpotensi mendunia. Semoga penjelasan ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi