Apa Itu Dial pada Jam Tangan dan Mengenal Komponen Penting Lainnya

| 02 Jul 2023 09:00
Apa Itu Dial pada Jam Tangan dan Mengenal Komponen Penting Lainnya
Apa itu dial pada jam tangan (unsplash)

ERA.idJam tangan adalah aksesoris yang dianggap sebagai sebuah mahakarya yang tak tertandingi. Terdiri dari berbagai komponen yang rumit dan kompleks, jam tangan umumnya dapat dibagi menjadi tiga bagian utama. Lantas, apa itu dial pada jam tangan?

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang komponen-komponen jam tangan, simak artikel ini untuk informasi selengkapnya.

Apa Itu Dial pada Jam Tangan dan Beberapa Bagian Penting Lainnya?

Secara harfiah, "Case" memiliki arti sarung atau rangka. Pada jam tangan, istilah "Case" mengacu pada rangka atau casing secara keseluruhan yang menyimpan mesin jam tangan. Bagian-bagian yang terdapat dalam Case jam tangan meliputi:

●        Bezel: Merupakan cincin yang berada di atas rangka jam tangan. Bezel seringkali memiliki fitur tambahan seperti Tachymeter atau fitur lainnya.

●        Glass: Merupakan kaca yang melindungi Dial atau tampilan pada jam tangan.

●        Crown: Merupakan bagian putar pada jam tangan yang digunakan untuk mengatur waktu dan tanggal.

●        Dial: Merupakan wajah jam tangan yang menampilkan angka dan penanda waktu. Dial seringkali memiliki fitur tambahan seperti tanggal atau Chronograph.

●        Hands: Merupakan jarum-jarum pada jam tangan, yang terdiri dari jarum detik, menit, dan jam.

●        Case Back: Merupakan penutup bagian belakang jam tangan yang berfungsi untuk melindungi bagian dalam jam tangan.

Putaran pada jam tangan disebut apa?

Rotating bezel merupakan fitur pada jam tangan berupa cincin yang dapat diputar. Fitur ini umumnya ditemukan pada jam tangan selam atau dive watch.

Putaran pada jam tangan disebut apa (unsplash)

Fungsinya utamanya adalah sebagai penanda waktu saat menyelam, dengan membantu menghitung durasi waktu yang tersedia dalam tabung oksigen dan waktu yang diperlukan untuk kembali ke permukaan. Dengan adanya rotating bezel, kamu dapat memastikan agar tidak kehabisan oksigen saat menyelam.

Namun, fungsi rotating bezel tidak terbatas pada aktivitas menyelam saja. Fitur ini juga dapat dimanfaatkan sebagai penghitung mundur atau pengingat waktu untuk aktivitas sehari-hari.

Kamu dapat menyetelnya sesuai kebutuhan untuk mengingatkan kapan sebuah aktivitas harus selesai atau dimulai. Baik digunakan untuk olahraga, memasak, atau menunggu jadwal selanjutnya, rotating bezel dapat disesuaikan dengan keperluanmu. Dengan praktisnya langsung dari pergelangan tangan, rotating bezel menjadi sebuah fitur yang sangat berguna dalam mengatur waktu.

Selain apa itu dial pada jam tangan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi