Cara Mematikan HP Otomatis di Android dan iPhone

| 08 Feb 2024 15:56
Cara Mematikan HP Otomatis di Android dan iPhone
Cara mematikan hp otomatis (unsplash)

ERA.id - Di era teknologi modern, mematikan ponsel secara otomatis dapat menjadi langkah cerdas. Langkah-langkah ini memungkinkan pengguna mengatur jadwal mati ponsel dan menjadikannya lebih efisien. Bagaimana cara mematikan hp otomatis?

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai metode dan pengaturan yang dapat digunakan untuk mengatur ponsel agar mati secara otomatis. Hal ini bertujuan memberikan fleksibilitas dan kontrol tambahan kepada para pengguna dalam mengelola perangkat mereka.

Apakah HP bisa di timer?

Ada saat-saat di mana Anda ingin menghindari segala bentuk gangguan, terutama dari ponsel Anda. Alasannya bisa beragam, termasuk untuk rutinitas kerja, atau mungkin untuk pertemuan penting atau tidur yang baik.

Namun, tentu saja, Anda pasti ingin menghidupkannya kembali setelah beberapa waktu. Dan tidak dapat dipungkiri bahwa Anda tidak ingin melakukannya setiap kali menghadiri konferensi atau pergi tidur, tetapi Anda dapat mengatur smartphone Anda untuk melakukannya secara otomatis.

Untungnya sebagian besar smartphone Android saat ini telah dilengkapi dengan fitur pengaturan waktu untuk mematikan ponsel secara otomatis.

Fitur ini dirancang untuk membantu pengguna dalam menjadwalkan penutupan otomatis ponsel. Pengguna dapat mengatur jadwal tertentu, sehingga ponsel akan secara otomatis mati pada waktu dan hari yang telah ditentukan.

Anda dapat mengatur smartphone Anda agar menyala dan mati secara otomatis dengan mengaktifkan fitur ini. Ini akan memungkinkan Anda untuk mematikan ponsel setelah jangka waktu tertentu.

Selain itu, fitur ini dapat membantu Anda menentukan waktu kapan ponsel Anda mati dan menyala kembali. Tidak hanya itu, fitur ini dapat menghemat waktu Anda jika dibandingkan menyalakan perangkat secara manual secara rutin.

Namun Anda perlu mengelola beberapa pengaturan untuk mengaktifkan fitur ini di ponsel Anda.

Saat produktif kerja mungkin Anda ingin HP mati (unsplash)

Cara Mematikan HP Otomatis

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk membantu Anda mengaktifkan fitur tersebut:

  1. Buka Pengaturan ponsel Anda.
  2. Gulir ke bawah dan buka tab Pengaturan Sistem.
  3. Ketuk opsi Penjadwalan daya hidup/mati.
  4. Pilih waktu kapan Anda ingin ponsel Anda menyala dan mati.
  5. Aktifkan tombol geser untuk opsi daya hidup dan mati.

Cara Setting HP Mati Otomatis iPhone

Bagi pengguna iPhone, terdapat sedikit perbedaan dibandingkan dengan Android dalam hal mematikan ponsel secara otomatis.

Perlu diketahui, iPhone tidak menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna menentukan jadwal kapan ponsel akan mati secara otomatis.

Namun sebenarnya, fitur ini sudah tersedia pada iPod Touch Generasi Pertama namun sudah tidak tersedia pada perangkat Apple yang lebih baru. Meski demikian, pengguna iPhone masih dapat mematikan ponsel tanpa harus menekan tombol daya.

Nah, berikut beberapa langkah yang dapat diikuti untuk mematikan iPhone secara otomatis:

  1. Buka menu "Settings" atau "Pengaturan" pada iPhone Anda.
  2. Pilih menu "Umum" atau "General" yang terdapat di dalamnya.
  3. Setelah masuk ke dalam menu tersebut, gulir ke bawah hingga menemukan tombol opsi "Shut down" atau "Matikan".
  4. Tekan tombol tersebut, lalu geser tombol "Slide to Power Off".
  5. Selesai, iPhone Anda telah dimatikan tanpa perlu menekan tombol daya.

Selain cara mematikan hp otomatis, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi