7 Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil, Cuma Pakai Bahan Rumahan Dijamin Kinclong!

| 12 Sep 2022 21:34
7 Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil, Cuma Pakai Bahan Rumahan Dijamin Kinclong!
Ilustrasi cara membersihkan jamur kaca mobil (unsplash)

ERA.id - Jamur pada kaca mobil membuat mobil tampak kotor dan mengganggu pandangan. Hal ini juga membuat kegiatan berkendara jadi tidak nyaman. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara menghilangkan jamur kaca mobil yang bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah.

Bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan jamur kaca mobil juga mudah didapatkan. Jadi, Anda tak perlu membawa mobil kesayangan ke tempat pencucian. Berikut ini, beberapa tips dari Era yang dikutip dari laman Wuling.

Cara Membersihkan Jamur Kaca Mobil di Rumah

1.    Pembersih Jamur Kaca Khusus Mobil

Pembersihan secara khusus perlu dilakukan kalau jamur sudah membandel. Anda bisa menggunakan pembersih jamur kaca khusus mobil, tetapi Anda harus memperhatikan beberapa hal, seperti bahan atau kompon yang digunakan.

Jika salah dalam hal tersebut, kaca mobil malah bisa tergores. Selain itu, cara yang dilakukan juga harus tepat, jangan membersihkan kaca mobil dengan cara yang terlalu keras!

2.    Minuman Bersoda

Ilustrasi minuman bersoda (unsplash)

Minuman bersoda juga bisa digunakan untuk menghilangkan jamur kaca mobil. Pertama, Anda perlu membersihkan kaca mobil sampai kering menggunakan kain. Setelah itu, basahi kain berbahan lembut dengan air soda. Terakhir, gosokkan kain tersebut dengan lembut ke kaca mobil yang terkena jamur.

Namun, jangan campurkan minuman bersoda dengan air biasa. Hal tersebut bisa mengurangi kandungan soda yang seharusnya bisa menghilangkan jamur tersebut.

3.    Baking Soda

Baking soda tidak hanya efektif menghilangkan jamur pada kaca mobil, tetapi juga menyerap sisa kelembaban yang memicu pertumbuhan jamur. Hal yang perlu dilakukan adalah mencampurkan soda kue dengan air.

Setelah itu, Anda bisa menyemportkan larutan tersebut untuk membersihkan jamur kaca mobil. Ini adalah cara yang umum dan murah.

4.    Pasta Gigi

Ada manfaat pasta gigi selain membersihkan gigi, salah satunya membersihkan jamur kaca mobil. Pasta gigi mengandung zat tertentu yang bisa menghilangkan jamur tersebut.

Ilustrasi pasta gigi (unsplash)

Anda hanya perlu mengoleskan pasta gigi ke bagian kaca mobil yang ditumbuhi jamur, kemudian diamkan hingga mengering. Setelah itu, bilas menggunakan air dan sikat atau kain lembut. Jangan lupa, segera keringkan kaca mobil dengan kain kering atau kanebo.

5.    Pemutih Pakaian

Pemutih pakaian juga bisa digunakan untuk membersihkan jamur kaca mobil. Hal yang perlu Anda lakukan adalah membasahi kain lembut menggunakan cairan pemutih pakaian.

Setelah itu, gosokkan kain itu secara perlahan ke kaca yang ditumbuhi jamur hingga bersih. Penggunaan kain lembut adalah hal yang penting agar tidak menimbulkan goresan.

6.    Cuka Apel

Hal yang perlu Anda lakukan adalah mencampurkan 3 sendok cuka apel dengan 1 liter air. Kemudian, celupkan kain berbahan lembut ke dalam larutan tersebut.

Setelah itu, gosokkan kain basah itu pada kaca yang ditumbuhi jamur hingga benar-benar hilang. Jangan lupa, langsung keringkan kaca tersebut menggunakan kertas koran.

7.    Alkohol

Gunakan kapas yang telah dibasahi dengan alkohol berkadar di atas 60%. Setelah itu, Anda cukup menggosokkannya secara perlahan ke bagian kaca yang ditumbuhi jamur.

Cara membersihkan jamur kaca mobil ini terbilang mudah. Namun, jika bagian yang ditumbuhi jamur cukup banyak, usaha Anda perlu dilipatgandakan. 

Rekomendasi