Dijamin Ampuh, Ini 5 Cara Menghilangkan Baret pada Mobil

| 13 Sep 2022 19:02
Dijamin Ampuh, Ini 5 Cara Menghilangkan Baret pada Mobil
Ilustrasi Baret pada Mobil. (Foto: Showroommobil.com)

ERA.id - Baret pada mobil ternyata dapat dihilangkan secara mandiri di rumah. Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan dengan mudah.

Baret atau goresan pada sebuah mobil dapat muncul karena adanya kesalahan dalam mengemudi ataupun parkir.

Ilustrasi. (Foto: pindahlubang.com)

Tentunya hal tersebut dapat mempengaruhi tampilan mobil yang membawa kesan kurang indah. Anda tidak perlu terburu-buru untuk membawa mobil ke bengkel karena ada beberapa tips yang dapat dijalankan untuk menghilangkan baret pada sebuah mobil.

Bagaimana caranya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Menghilangkan Baret dengan Bahan Kompon

Jika baret yang ada pada mobil masih pada level ringan, Anda dapat memanfaatkan kompon berwarna putih karena kompon ini mempunyai daya kikis yang sangat kuat. Sebelum membersihkan goresan, langkah yang harus Anda lakukan adalah menyediakan alat lain yang diperlukan seperti kain.

Langkah pertama yang harus diterapkan adalah membersihkan bagian yang tergores dengan menggunakan air untuk melenyapkan berbagai kotoran yang menempel. Lalu bersihkan air yang sudah dituang tadi dengan lap hingga kering.

Setelah kering, poles bagian yang tergores dengan memanfaatkan kompon poles. Agar tidak lekas mengering, Anda perlu mengoles menggunakan kompon dengan waktu yang cepat. Sebab, kompon akan mengeras ketika kering dan akan sulit untuk dibersihkan.

Agar cat mobil tidak terkikis, lakukan polesan dengan ringan dan satu arah supaya hasilnya lebih merata. Setelah bagian baretnya sudah bersih, Anda bisa membilas dengan air lalu keringkan.

Menghilangkan Baret dengan Obat Nyamuk Cair

Selain berfungsi untuk menghilangkan nyamuk, obat nyamuk cair ternyata mempunyai fungsi lain, yaitu memudarkan baret mobil.

Bahan yang terkandung dalam obat nyamuk cair ternyata dapat menghilangkan lapisan baret pada mobil. Cara pemakaiannya pun sangat mudah. Pertama, Anda harus menyediakan takaran obat nyamuk cair yang diperlukan.

Pertama, tuangkan obat nyamuk cair ke atas lap berbahan halus yang kering. Anda harus memastikan lap halus yang digunakan benar-benar kering, sebab kandungan yang ada di obat nyamuk akan hilang jika lap terlalu basah.

Setelah obat nyamuk cair dituangkan, selanjutnya usap bagian mobil yang sudah timbul baret. Usap secara perlahan dengan arah memutar hingga merata ke bagian yang tergores. Kemudian, tunggu selama 15 sampai 20 detik.

Selanjutnya, bilas bekas obat nyamuk yang sudah diusapkan tadi. Setelah selesai, keringkan dengan lap yang sudah kering.

Menggunakan Minyak Rem

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu menuang minyak rem ke kanebo kering. Tak perlu terlalu berlebihan dalam penggunaan minyak rem, berikan sesuai dengan kebutuhan saja. Setelah dituang, Anda dapat mengoles permukaan mobil yang baret secara merata.

Menghilangkan baret mobil dengan bahan minyak rem sebenarnya tidaklah sulit. Namun, Anda harus tetap berhati-hati sebab minyak rem bersifat sangat keras. Jika terjadi kesalahan, maka akan berisiko pada tampilan mobil yang tidak sesuai dengan yang Anda inginkan.

Menghilangkan Baret dengan Pasta Gigi

Pastikan mobil Anda dalam keadaan bersih terlebih dahulu. Setelah dipastikan, sediakan kain lembut yang selanjutnya berfungsi sebagai wadah untuk pasta gigi.

Langkah pertama, terlebih dulu basahi kain menggunakan air yang bersih. Setelah itu tuangkan pasta gigi secukupnya sesuai dengan ukuran lebarnya goresan yang ada.

Selanjutnya, Anda dapat menggosok bagian mobil yang timbul baret hingga merata. Gosoklah dengan gerakan melingkar agar hasil polesannya sama rata.

Pemolesan dengan bahan pasta gigi sebenarnya kurang efektif jika Anda hanya mengandalkan pasta gigi saja tanpa mengombinasikannya dengan bahan lain. Selama goresannya tidak terlalu parah, Anda bisa menggunakan cara seperti ini.

Melakukan Cat Ulang

Ketika akan melakukannya sendiri, Anda harus berhati-hati, sebab cara ini bukanlah suatu hal yang mudah.

Ini dikarenakan cat mobil berfungsi untuk menambah keindahan visual dari warna mobil. Dengan demikian, jika dalam pelaksanaannya Anda salah sedikit, penampilan mobil akan menjadi tidak estetis.

Tidak semua jenis mobil akan terlihat bagus tampilannya jika dicat ulang. Nah, sebelum melakukannya, sebaiknya Anda harus memahami terlebih dahulu apakah mobil Anda layak untuk dicat ulang, sebab dana yang harus dikeluarkan untuk mengecat ulang cukup mahal.

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan baret pada mobil Anda. Meski terkesan mudah, sebaiknya Anda tetap melakukan cara di atas dengan hati-hati. Selamat mencoba!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi