Beberapa Alasan Berhenti Kerja yang Baik bagi Seorang Pegawai, Cek!

| 04 Feb 2023 10:02
Beberapa Alasan Berhenti Kerja yang Baik bagi Seorang Pegawai, Cek!
Ilustrasi (Pixabay)

ERA.id - Dalam dunia kerja, seorang pegawai memiliki hak untuk mengajukan resign atau mengundurkan diri. Namun, ternyata resign tidaklah mudah seperti yang dibayangkan. Sebab, seseorang yang hendak mengajukan resign harus memiliki alasan berhenti kerja yang terdengar masuk akal agar reputasi pekerjaannya tetap baik.

Bahkan, beberapa orang bisa bingung dan galau untuk menentukan alasan berhenti kerja ketika ingin mengajukan resign. Di bawah ini adalah beberapa alasan berhenti kerja yang baik yang dapat Anda jadikan pedoman.

Ilustrasi Resign. (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Melanjutkan Pendidikan

Melanjutkan pendidikan juga bisa menjadi salah satu alasan berhenti kerja yang masuk akal. Sebab, mendapatkan pendidikan setinggi mungkin merupakan hak bagi setiap orang. Jadi, jika Anda memang hendak meneruskan jenjang pendidikan, Anda tidak perlu ragu lagi untuk memakai alasan ini untuk mengundurkan diri dari pekerjaan.

Berusaha meraih gelar pendidikan yang tinggi adalah salah satu komitmen yang baik dari seseorang. Sebab, berpendidikan tinggi dapat menjadi batu loncatan untuk mendapatkan karier yang lebih tinggi juga.

Pekerjaan Tidak Sesuai dengan Kontrak Kerja

Beban kerja yang terlalu berat atau pekerjaan yang tidak sesuai dengan kontrak kerja di awal dapat menjadi alasan berhenti bekerja. Alasan ini dianggap tepat dan masuk akal sebab pihak perusahaan sudah menyalahi aturan atau kontrak yang disepakati kedua belah pihak.

Gaji Tidak Sesuai

Bagi seorang pekerja, gaji menjadi instrumen yang memberikan peran penting dan berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, jika Anda merasa gaji yang diterima tidak sesuai dengan pekerjaan atau tanggung jawab yang Anda emban, tidak ada salahnya untuk dijadikan alasan untuk resign.

Mencari Pengalaman Karena Merasa Karier Tidak Berkembang

Setelah lama bekerja di suatu perusahaan, Anda mungkin akan merasa jenuh dengan rutinitas pekerjaan yang monoton. Perasaan jenuh ini dapat muncul ketika Anda sudah terlalu lama menjalani pekerjaan yang sama dan merasa tidak berkembang untuk mendapatkan hal baru.

Selain itu, Anda juga mungkin akan merasa menjalani pekerjaan yang terkesan template, sehingga tidak merasakan tantangan dalam menjalankannya. Hal ini juga dapat menjadi alasan berhenti kerja yang tepat bagi Anda.

Menerima Penawaran yang Lebih Menarik

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi keinginan seseorang agar berhenti kerja pada suatu perusahaan. Salah satu faktor tersebut bisa saja terjadi karena adanya penawaran yang lebih menarik dari perusahaan lainnya.

Faktor ini juga dapat Anda jadikan sebagai alasan berhenti kerja. Anda tinggal menyampaikannya dengan baik, sopan, dan formal. Anda tentunya harus memperhatikan hal ini sebab perusahaan tersebut sudah memberikan kesempatan untuk Anda bekerja dan meniti karier di sana.

Tidak Cocok dengan Lingkungan atau Budaya Kerja

Setiap perusahaan pasti membentuk lingkungan dan budaya kerja yang berbeda sesuai dengan visi dan misi yang hendak dicapai. Perbedaan lingkungan dan budaya ini juga bisa saja tidak sesuai dengan prinsip hidup Anda. Oleh sebab itu, ketidakcocokan ini menimbulkan bentrokan antara prinsip pribadi dengan budaya yang pada umumnya dilakukan suatu perusahaan.

Demikianlah beberapa alasan berhenti bekerja yang baik yang bisa Anda gunakan saat hendak mengajukan resign.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi