Tips dan Cara Tidur agar Rambut Tidak Rusak dan Rontok

| 16 Sep 2023 12:05
Tips dan Cara Tidur agar Rambut Tidak Rusak dan Rontok
Wanita telentang dengan rambut terurai (pixabay)

ERA.id - Menjaga kesehatan rambut tidak berhenti pada saat Anda terjaga. Anda juga perlu tahu cara tidur agar rambut tidak rusak. Teknik yang tepat bisa menghindarkan rambut Anda dari kusut.

Anda pasti sudah tak asing dengan kondisi rambut kusut dan sulit disisir saat bangun tidur. Perlu Anda ketahui bahwa rambut kusut menjadi awal dari berbagai masalah rambut yang lain, misalnya kerontokan. Untuk mencegahnya, berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Wanita tidur dengan rambut tertindih (pexels)

Beberapa Tips dan Cara Tidur agar Rambut Tidak Rusak

  • Rambut dalam kondisi kering

Anda sebaiknya tidak tidur dengan rambut yang masih basah. Tidur dengan rambut basah bisa memicu banyak masalah, seperti batang rambut “bengkak” atau hygral fatigue. Jika telah mengalami kondisi ini, rambut rentan kehilangan lapisan pelindung luar sehingga menjadi rapuh dan mudah bercabang. Selain itu, tidur dengan rambut yang masih basar bisa memicu pertumbuhan jamur di kulit kepala dan ketombe.

  • Tidak mengikat rambut

Anda disarankan untuk tidak mengikat rambut saat mau tidur. Ikatan membuat rambut menerima tekanan berlebih sehingga rentan patah dan kusut. Mengikat rambut juga membuat rambut tertarik mendekati kulit kepala.

Mengikat rambut terus-menerus dalam waktu lama bisa membuat rambut Anda rontok parah, bahkan memicu kebotakan. Hal ini disebut sebagai alopesia traksi.

  • Sisir rambut

Anda bisa melakukan penyisiran sebelum tidur untuk menjaga kesehatan rambut. Menyisir sebelum bersiap tidur mengurai helaian rambut sehingga risiko kusut bisa dikurangi. Penyisiran juga dapat meratakan minyak alami dari bagian kulit kepala ke ujung rambut. Hasilnya, batang rambut tetap lembap dan ternutrisi.

  • Posisi tidur

Posisi tidur juga berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Tidur dengan posisi telentang lebih direkomendasikan karena memungkinkan rambut terurai lurus tanpa tertindih badan selama tidur. Posisi tengkurap memang lebih aman untuk rambut, tetapi tidak direkomendasikan karena kurang aman bagi kesehatan tubuh.

  • Posisikan rambut

Sebelum Anda merebahkan tubuh, posisi rambut juga perlu diatur. Angkat rambut ke atas layaknya mau mengikat rambut. Setelah itu urai rambut berada di atas kepala agar tidak tertindih badan saat Anda tidur.

Dengan kata lain, tidur miring pun masih aman dilakukan selama Anda mampu mengondisikan rambut tidak tertindih. Rambut yang tertindih selama tidur membuat rambut tertarik dan saling bergesekan. Hal tersebut rawan embuat rambut rusak dan bercabang.

  • Sarung bantal

Selain cara tidur, lingkungan tempat Anda tidur juga perlu diperhatikan. Berdasarkan studi terbitan International Journal of Women’s Dermatology, tidur dengan sarung bantal satin atau sutra mampu mengurangi rambut kering dan mengembang. Benang satin atau sutra bertekstur halus sehingga mengurangi gesekan antara rambut dengan sarung bantal.

Itulah beberapa informasi mengenai cara tidur agar rambut tidak rusak. Untuk mendapatkan informasi menarik lain, ikuti terus Era.id

Rekomendasi