Cara Membuat Plat Nomor Cantik, Begini Langkah-langkahnya

| 24 Sep 2023 22:05
Cara Membuat Plat Nomor Cantik, Begini Langkah-langkahnya
Ilustrasi plat nomor kendaraan cantik (Foto: Pixabay/StockSnap)

ERA.id - Salah satu bagian kendaraan yang dapat menjadi pembeda antara kendaraan Anda dengan kendaraan lain yaitu plat nomor. Tidak jarang orang melakukan pembuatan nomor cantik untuk kendaraannya. Lantas bagaimana cara membuat plat nomor cantik? Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Membuat Plat Nomor Cantik

Cara membuat plat nomor cantik sebenarnya sama saja dengan cara membuat plat nomor pada umumnya. Salah satu yang membedakan yaitu formulir yang harus dilengkapi. Di bawah ini adalah beberapa langkah cara membuat plat nomor cantik yang dapat Anda lakukan.

Ilustrasi plat nomor kendaraan bermotor (antaranews)

Datang ke Samsat

Langkah pertama tentunya adalah datang ke samsat atau tempat kepolisian yang menerbitkan plat nomor kendaraan atau mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) dan kebutuhan kendaraan lainnya.

Sebelum Anda mendatangi samsat, sebaiknya Anda mempersiapkan beberapa dokumen yang berupa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), fotocopy KTP, KK dan jika sudah mempunyai Bukti Pembelian Kendaraan Bermotor (BPKB) juga dapat Anda bawa atau bukti pembelian kendaraan dari dealer. Selain itu, pihak yang membuat plat ini juga harus orang yang bersangkutan dan tidak boleh diwakilkan.

Mengisi Formulir

Setelah Anda tiba di Samsat, kunjungi loket khusus yang mengurus Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB). Sebelum membuat plat nomor cantik dan mengetahui harga plat nomor cantik, Anda harus melengkapi formulir NRKB terlebih dahulu.

Perlu Anda ketahui, harga membuat plat nomor cantik dan formulirnya berbeda dengan kendaraan yang lain. Untuk kendaraan dengan nomor umum, Anda harus menggunakan formulir Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), adapun untuk kendaraan plat khusus formulir yang Anda gunakan yaitu NRKB.

Pemeriksaan Oleh Petugas

Berikutnya yaitu berikan formulir yang sudah Anda lengkapi sebelumnya. Pada tahap ini, petugas akan memeriksa ketersediaan plat nomor yang Anda kehendaki, apakah masih tersedia dan dapat Anda gunakan atau sudah ada orang lain yang menggunakannya.

Selain itu, dalam tahap ini, Anda bisa kembali memastikan berapa harga plat nomor cantik yang selanjutnya akan Anda gunakan. Jika nomor cantik yang ingin Anda gunakan masih tersedia, maka Anda dapat meneruskan ke langkah selanjutnya.

Membayar Biaya

Langkat yang selanjutnya yaitu membayar biaya plat nomor cantik. Anda dapat mendatangi ke petugas atau loket pembayaran sesuai dengan arahan petugas sebelumnya. Kemudian bayarlah plat nomor cantik yang sesuai dengan Anda inginkan.

Adapun untuk harga masing-masing plat nomor cantik, tentunya berbeda antara satu dengan yang lainnya. Semakin sedikit angka yang digunakan pada plat nomor tersebut, maka harganya akan semakin mahal. Selain itu, penggunaan huruf pada bagian belakang kendaraan juga dapat Anda hilangkan. Namun, hal ini akan memerlukan biaya tambahan.

Petugas Memasukan Data

Setelah semua langkah di atas Anda lengkapi dan melakukan pembayaran sesuai dengan biaya harga plat nomor cantik yang akan gunakan, petugas akan memasukkan data-data yang mereka perlukan.

Setelah selesai memasukkan semua data-data tersebut, maka Anda akan menerima sertifikat atas kepemilikan plat nomor cantik tersebut. Proses ini tentunya memerlukan waktu yang cukup lama daripada beberapa langkah sebelumnya, oleh sebab itu Anda harus menunggu beberapa waktu.

Demikianlah ulasan tentang cara membuat plat nomor cantik, semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi