Bahaya Kutu Busuk yang Harus Diketahui dan Pencegahannya

| 13 Oct 2023 08:27
Bahaya Kutu Busuk yang Harus Diketahui dan Pencegahannya
Ilustrasi kutu busuk (Gambar WikiImages - Pixabay)

ERA.idKutu busuk merupakan hama yang cukup mengganggu kesehatan dan kenyamanan bagi siapa pun. Jenis serangga ini memiliki bentuk tubuh yang sangat kecil atau tidak kasat mata dan sering ditemukan pada berbagai area di dalam rumah. Misalnya, di kasur, sofa, furnitur, karpet, pakaian, dan barang-barang yang lainnya. Bahaya kutu busuk tentunya harus diwaspadai sebab dapat mengakibatkan gatal hingga memberikan reaksi berupa alergi.  

Jika Anda sudah merasakan gejalanya, disarankan agar segera mengatasi dengan tepat sehingga kondisinya tidak semakin parah. Anda dapat memberikan kompres pada area yang gatal dan membersihkan kasur agar hewan ini tidak berkembangbiak. Simak bahaya kutu busuk di bawah ini.

Bahaya Kutu Busuk

Kutu busuk membawa atau menularkan penyakit tidak secara langsung. Serangga ini menggigit dan mengisap darah manusia, seperti halnya kutu, dan hal tersebut akan membawakan dampak negatif. Gigitan kutu busuk dapat kita ibaratkan anestesi dan antikoagulan atau sesuatu yang bisa menghambat pendarahan. Hal inilah yang menyebabkan kebanyakan orang tidak bisa merasakan efek gigitannya secara langsung.

Di bawah ini adalah beberapa bahaya kutu busuk bagi manusia:

Infeksi kulit

Gigitan kutu busuk umumnya baru akan terasa setelah dua hingga tiga hari berikutnya. Efek yang paling mudah diidentifikasi yaitu rasa gatal berlebihan sehingga seseorang yang terkena gigitan akan berkeinginan untuk terus menggaruk. Ciri-cirinya yaitu timbul benjolan kecil berwarna merah yang diikuti rasa gatal pada kulit area leher, tangan, dan kaki.

Ketika seseorang terus menggaruk area yang gatal, hal tersebut akan menimbulkan luka dan jika tidak segera diobati, akan meningkatkan potensi infeksi pada kulit. Bengkak yang semakin parah serta melebarnya area luka dapat menjadi indikasi bahwa seseorang sedang mengalami infeksi.

Tidur tidak optimal

Jika Anda harus menggaruk sepanjang malam karena tidak tahan dengan rasa gatal, tentunya waktu beristirahat yang seharusnya optimal jadi terganggu karena gigitan kutu busuk. Padahal kurang tidur akan mengganggu aktivitas harian karena Anda pasti perlu mengisi ulang energi melalui tidur. Bahaya kutu busuk lainnya yaitu timbulnya perasaan stres karena rasa gatal yang berlebihan, serta kurang tidur atau sulit tidur sehingga menjadi lebih mengganggu kualitas tidur.

Reaksi alergi

Bahaya kutu busuk selanjutnya yaitu munculnya reaksi alergi. Tingkatannya dapat berbeda untuk masing-masing orang, tetapi tak sedikit yang menimbulkan dampak sangat serius. Inilah alasan Anda harus tetap waspada dan menyadarinya sedini mungkin.

Setelah digigit oleh kutu busuk, beberapa orang akan cukup sensitif dan mengalami reaksi alergi. Seseorang dapat mengalami syok dan gejala mual, muntah, timbul ruam atau pembengkakan, hingga kesulitan bernapas. Dalam kondisi serius, gejala-gejala tersebut berisiko menyebabkan kematian.

Ilustrasi. (Wikimedia Commons/Amin)

Tanda-tanda Sarang Kutu Busuk

Sebagai bentuk pencegahan, Anda dapat melakukan pemeriksaan secara berkala serta menjadwalkan kegiatan bersih-bersih rutin agar rumah terhindar dari serangga ini. Lantas apa saja tanda-tanda yang dapat dikenali sebagai sarang kutu busuk? Simak daftarnya di bawah ini.

  • Area lembab sehingga timbul bau apek yang menyengat dan sangat mengganggu.
  • Terdapat bercak noda darah di selimut atau seprai tempat tidur. Kemungkinan hal ini adalah kutu yang hancur karena terhimpit tubuh manusia.
  • Kulit kering kecoklatan, sisa dari kutu menumpuk pada bagian tempat tidur tertentu.
  • Telur yang berwarna putih oval yang ditemukan pada celah-celah tempat tidur.
  • Bercak hitam kecil yang merupakan kotoran kutu yang sudah mengering.

Bagaimana Cara Mengatasi Kutu Busuk?

Tanda bahwa Anda tengah mengalami efek gigitan kutu busuk yaitu muncul bentol kemerahan dan cenderung berpola. Jika Anda terkena gigitan kutu busuk, hal pertama yang penting untuk dilakukan adalah meredakan rasa gatalnya. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan mengompres area gatal menggunakan air dingin atau mengoleskan obat anti gatal. Intinya, hindari menggaruk sebab akan menimbulkan masalah lain.

Selain itu, hendaknya Anda juga harus tetap rajin membersihkan kamar beserta isinya. Hal ini dilakukan agar rumah Anda tetap terjaga kebersihannya. Demikianlah ulasan tentang bahaya kutu busuk dan cara pencegahannya.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi