Cara Agar Rambut Tidak Mengembang, Salah Satunya Jangan Sering Keramas!

| 14 Jan 2023 09:05
Cara Agar Rambut Tidak Mengembang, Salah Satunya Jangan Sering Keramas!
Ilustrasi (Tim Mossholder/Pexels)

ERA.id - Rambut mengembang tentunya akan lebih sulit diatur dan disisir. Oleh karena itu, rambut yang mengembang dapat mengganggu penampilan. Rambut yang mengembang pada dasarnya karena kondisi rambut yang kering dan kehilangan kelembaban. Rambut kering dan mengembang terjadi saat kutikula rambut terbuka sehingga menyerap air lebih banyak.  Lalu, bagaimana cara agar rambut tidak mengembang?

Cuaca dingin dan lembap dapat membuat kondisi rambut mengembang menjadi kusut. Penyebab lainnya adalah keramas pakai sampo yang bersifat basa, tatanan rambut tertentu, penggunaan produk rambut mengandung alkohol tinggi, hingga penggunaan alat penata rambut bersuhu panas juga memperparah rambut kusut.

Ilustrasi (Andrea Piacquadio/Pexels)

Ada beberapa cara agar rambut tidak mengembang yang bisa dilakukan sendiri tanpa harus pergi ke tempat perawatan. Berikut langkah-langkahnya.

Sisir Rambut Dengan Tangan Yang Basah

Cara agar rambut mengembang yang utama adalah tidak memaksa untuk menyisir karena menyisir rambut akan semakin mengganggu kutikula rambut dan berisiko membuat rambut semakin rusak. Oleh karena itu setelah keramas agar rambut tidak mengembang tidak perlu menyisir menggunakan sisir, gunakalan tangan basah untuk menyisir perlahan.

Menggunakan Kondisioner

Untuk mengatasi rambut mengembang, gunakan kondisioner secara rutin saat mencuci rambut. Oleskan kondisioner dari bagian tengah ke ujung rambut menggunakan jari-jari tangan. Pilih kondisioner yang mengandung protein karena protein diyakini dapat mengontrol rambut mengembang serta membuat rambut tampak lebih bersinar. Penggunaan kondisioner juga dapat memberi efek rambut lebih lemas dan mudah diatur.

Menggunakan Serum Rambut

Selain kondisioner, penggunaan serum rambut yang rutin dapat mengatasi agar tidak mengembang. Serum rambut memang tidak dapat memulihkan kondisi rambut yang sudah rusak. Akan tetapi, fungsi serum rambut dapat melindungi rambut sekaligus mempertahankan kelembapan agar rambut tidak mudah kusut. 

Menggunakan Produk Perawatan Rambut Bebas Alkohol

Kandungan alkohol dapat membuat rambut kering dan mengembang. Penggunaan produk perawatan rambut bebas alkohol bisa digunakan sebagai cara agar rambut tidak mengembang.

Jangan Terlalu Sering Keramas

Terlalu sering keramas menyebabkan rambut kering, kusut, dan sulit diatur. Hal ini karena mencuci rambut berlebihan bisa mengakibatkan kulit kepala dan rambut menjadi mudah kering. Keramas terlalu sering menyebabkan minyak alami pada kulit kepala berkurang. Efeknya, kelembapan rambut menjadi berkurang sehingga rambut menjadi mengembang dan kaku. Sebaiknya mencuci rambut tidak setiap hari, beri jeda antara satu hari dengan hari lainnya dan pastikan kulit kepala benar-benar bersih dari sisa sampo ketika mencuci rambut.

Keringkan Rambut Dengan Handuk Microfiber

Untuk mengatasi rambut kering dan mengembang, sebaiknya pilih handuk microfiber. Jenis kain ini cenderung lebih halus dan lembut sehingga aman dan tidak membuat batang rambut saling bergesekan. Handuk microfiber juga bisa digunakan untuk rambut kusam dan bercabang. 

Batasi Penggunaan Hair Dryer dan Catokan

Cara agar rambut tidak mengembang berikutnya adalah membatasi penggunaan alat perawatan rambut, seperti catokan, pengeriting rambut (hair dryer), pengeriting rambut (curling iron). Kulit kepala dan rambut dapat rusak jika terpapar panas terus-menerus. Jika ingin menggunakannya, cukup gunakan dengan suhu yang rendah.

Menggunakan Minyak Kelapa

Rambut mengembang disebabkan rambut cenderung kering sehingga untuk meningkatkan kelemababan rambut dapat menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa berasal dari kandungan minyak laurat yang tinggi di dalamnya. Minyak kelapa dapat dengan mudah diserap rambut dan menjaga kadar protein dalam rambut. Untuk mengatasi rambut mengembang, bisa menggunakan minyak kelapa beberapa tetes dengan menuangkannya ke telapak tangan. Kemudian oleskan merata ke rambut dan kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu cuci rambut dengan sampo untuk menghilangkan minyak kelapa.

Menggunakan Minyak Argan

Fungsi minyak argan mirip dengan kondisioner. Minyak ini bisa dipilih sebagai cara agar rambut lurus dan lemas. Minyak Argan dapat menjaga kelembapan rambut dan menyehatkan rambut karena memiliki asam oleat dan asam linoleat, serta antioksidan seperti vitamin E. Dengan demikian, rambut akan terasa lebih lembut, lurus, dan lemas setelah dioleskan minyak argan. Oleskan sedikit minyak argan sebelum menyisir rambut dan tidak perlu membilas rambut setelahnya sebab minyak argan dapat dipakai sebagai leave-on-conditioner. Gunakan tidak terlalu banyak.

Demikian cara agar rambut tidak mengembang yang dapat diterapkan sendiri tanpa harus datang ke tempat perawatan khusus. Perawatan yang rutin dan konsisten dapat mengatasi rambut mengembang sehingga penataan rambut dapat sesuai dengan yang diinginkan.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi