Usia Anak Boleh Nonton Bioskop yang Disarankan Beserta Tips-tipsnya

| 22 Apr 2024 22:03
Usia Anak Boleh Nonton Bioskop yang Disarankan Beserta Tips-tipsnya
Ilustrasi (Evgenyatamanenko/Pexels)

ERA.id - Menonton bioskop bagi anak tentunya akan menjadi pengalaman yang berkesan. Namun, tanpa persiapan yang matang, kehadiran anak di bioskop dapat mengganggu penonton yang lain. Selain itu, sebaiknya pertimbangkan usia anak yang hendak dibawa menonton bioskop.

Lantas, berapa saja usia anak boleh nonton bioskop? Simak ulasannya di bawah ini.

Usia anak boleh nonton di bioskop

Mengutip laman Firstcry Parenting, usia yang dianjurkan untuk membawa Si Kecil ke bioskop yaitu setelah usia 5 tahun. Membawa anak ke bioskop pada usia tersebut akan menjadi lebih mudah bagi orang tua dan semua penonton yang datang.

Pada usia 5 tahun, anak sudah memahami musik dan mampu menikmati sajian visual. Selain itu, anak pada usia 5 tahun juga sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang jauh lebih berkembang dan lebih kuat daripada usia sebelumnya.

Umumnya anak-anak juga sudah mampu menikmati sebuah tayangan dan dapat memahami jalan cerita. Ia bisa saja bernyanyi dan bersenandung jika mendengarkan lagu dalam sebuah film, dan tentunya sudah bisa sabar menonton film selama lebih dari 1 jam tanpa beranjak dari tempat duduknya.

Anda juga disarankan untuk melakukan tips-tips yang membantu jika hendak mengajak anak ke bioskop.

Ilustrasi anak nonton bioskop (iStockphoto)

Tips membawa anak ke bioskop

Lakukan beberapa tips membawa anak ke bioskop berikut ini:

  • Bawa camilan kesukaan anak

Anda dapat mempersiapkan dengan membawa camilan sehat kesukaan Si Kecil untuk mengantisipasi jika ia merasa bosan selama menonton film. Jika ia merasa bosan dan tidak mempunyai kegiatan lain, anak tentunya akan gelisah dan merengek, sehingga penonton lain akan merasa terganggu.

  • Tentukan tempat duduk yang strategis

Menonton film di bioskop tentunya akan menghabiskan waktu lebih dari 1 jam, dan anak-anak mungkin jadi lebih banyak minum dan membuatnya pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil.

Nah, agar tidak lelah bolak-balik ke kamar mandi, Anda disarankan untuk duduk di tempat yang strategis yaitu di dekat pintu keluar. Selain efektif untuk ke kamar mandi, penonton lainnya juga tidak akan terganggu karena harus keluar-masuk ruangan bioskop.

Namun, sebaiknya jangan memilih tempat duduk di dekat pengeras suara. Sebab, suara di bioskop cenderung kencang dan berisiko mengganggu kesehatan indra pendengaran anak.

  • Sesuaikan jadwal menonton film

Jika Anda hendak mengajak buah hati, tentunya penting untuk menyesuaikan jadwal menonton film. Menonton film pada jam terakhir pemutaran film bioskop atau malam hari umumnya memang akan lebih sepi penonton. Namun, film juga akan tetap diputar hingga tengah malam. Jadwal ini tentunya sangat tidak dianjurkan, sebab akan mengganggu waktu tidur anak.

Biasanya, waktu tidur ideal anak-anak pada rentang usia 2–4 tahun yaitu sebelum pukul 9 malam. Oleh sebab itu, pastikan Anda memilih jadwal film pada siang atau sore hari, sehingga Si Kecil sudah sampai di rumah sebelum waktu tidurnya tiba. Selain itu, jika Anda khawatir Si Kecil akan ribut dan mengganggu orang lain, sebaiknya hindari jadwal menonton pada akhir minggu sebab bioskop cenderung lebih ramai pada waktu tersebut.

  • Turuti kemauan anak

Jika anak tidak nyaman berlama-lama di dalam bioskop dan mengajak untuk pulang, turutilah kemauannya. Tidak perlu harus menonton film hingga selesai karena merasa rugi telah membeli tiket yang mahal. Jika anak dipaksa untuk tetap menyelesaikan film, kemungkinan besar ia akan menangis dan menjadikan penonton lainnya terganggu.

Selain itu, anak juga akan berisiko menjadi trauma. Ia akan menyimpan memori menonton bioskop sebagai pengalaman yang tidak menyenangkan dan membuatnya tidak ingin menonton di bioskop lagi.

Bagi sebagian besar orang dewasa, menonton bioskop memang menyenangkan. Namun, tidak semua anak kecil akan cocok dan betah dengan suasana bioskop yang gelap dan bising. Oleh sebab itu, pikirkan kenyamanan Si Kecil.

Demikianlah ulasan tentang usia anak boleh nonton bioskop yang direkomendasikan beserta tips-tips yang bisa dilakukan.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi