Seberapa Banyak Tabir Surya yang Harus Dipakai? Begini Cara yang Tepat

| 08 Jun 2024 14:00
Seberapa Banyak Tabir Surya yang Harus Dipakai? Begini Cara yang Tepat
Ilustrasi (Moose Photos/Pexels)

ERA.id - Perlindungan yang didapatkan tabir surya atau sunscreen tidak akan efektif jika digunakan dalam jumlah yang tidak tepat. Sebenarnya, seberapa banyak tabir surya yang harus dipakai?

Tabir surya adalah salah satu produk perawatan kulit yang berguna untuk menghalangi pengaruh cahaya matahari yang berisiko merusak kulit. Tabir surya bisa Anda dapatkan dalam berbagai bentuk. Namun, sebagian besar tabir surya diproduksi dalam bentuk losion.

Produk tabir surya biasanya mempunyai label SPF dalam tingkat atau angka tertentu. SPF sendiri merupakan singkatan dari sun protector factor, yang mengindikasikan kualitas produk tersebut dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Semakin tinggi angka SPF, semakin optimal perlindungan yang diberikan produk tabir surya.

Untuk mendapatkan perlindungan SPF sesuai dengan angka yang tertera, Anda harus mengoleskan tabir surya dalam jumlah yang sesuai. Simak seberapa banyak jumlah tabir surya yang harus dioleskan dalam penjelasan di bawah ini.

Seberapa banyak tabir surya yang harus dipakai? (Freepik)

Seberapa Banyak Tabir Surya yang Harus Dipakai?

Melansir Allure, ahli dermatologi, Ranella Hirsch, mengatakan, untuk menerima perlindungan seperti yang tercantum pada produk, dapat menggunakan tabir surya dengan meniru (ukuran) penggunaan yang dilakukan peneliti di laboratorium.

Menurut Hirsch, dalam uji coba di laboratorium, untuk ukuran rata-rata orang umumnya para peneliti menggunakan 2 miligram per sentimeter kulit.

Angka tersebut setara dengan 1/2 sdt untuk dioleskan pada bagian wajah dan leher dan 1 sdt untuk masing-masing lengan dan kaki.

"Namun, pada kenyataannya banyak orang menggunakan sekitar setengah dari jumlah yang disarankan," jelas Hirsch.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh ahli dermatologi lain, Libby Rhee. Mengutip Well and Good, ia juga merekomendasikan sekitar 1/3 hingga 1/2 sdt tabir surya untuk seluruh wajah dan leher.

Selain itu, jangan lupa juga mengoleskan tabir surya ke kulit yang kering 15 menit sebelum menjalani aktivitas di luar ruangan.

Anda juga direkomendasikan untuk tetap mengoleskan tabir surya walaupun berada di dalam ruangan karena sinar ultraviolet A (UVA) dapat menembus jendela. Cahaya biru yang dipancarkan perangkat elektronik di sekitar Anda juga ikut berisiko terhadap kerusakan kulit.

Apa Saja Manfaat Menggunakan Tabir Surya?

Penggunaan tabir surya dapat memberikan beberapa manfaat pada kulit, melansir Healthline, di bawah ini adalah manfaat yang bisa dirasakan:

Membantu menjaga lapisan pelindung kulit 

Penggunaan sunscreen atau tabir surya setiap hari dapat membantu untuk membangun lapisan kulit. Pasalnya, saat sedang berjalan-jalan di luar ruangan, kulit kita akan terpapar sinar matahari. 

Menggunakan sunscreen setiap hari menjadi cara termudah untuk menghindari paparan sinar UV yang berbahaya dan mencegah sengatan sinar matahari yang berisiko membuat kulit iritasi. 

Mencegah penuaan dini 

Cara terbaik untuk mencegah penuaan dini pada kulit yaitu dengan melindunginya dari paparan sinar matahari. Penggunaan tabir surya secara rutin dan tepat dapat mencegah tanda-tanda penuaan, termasuk keriput, bintik-bintik coklat, pigmentasi yang tidak teratur.

Mengurangi risiko kanker kulit 

Menggunakan tabir surya atau sunscreen dengan SPF yang tinggi, Anda dapat mengurangi paparan sinar yang dapat memunculkan kanker kulit secara signifikan.  UVB yang ada pada sinar matahari menjadi penyebab utama kulit terbakar dan perkembangan kanker kulit, seperti karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma. 

Demikianlah ulasan seberapa banyak tabir surya yang harus dipakai. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi