Doa Nabi Yunus yang Bisa Diamalkan Serta Manfaatnya

| 12 Jul 2024 21:30
Doa Nabi Yunus yang Bisa Diamalkan Serta Manfaatnya
Ilustrasi (Gerd Altmann/Pixabay)

ERA.id - Nabi Yunus AS adalah nabi yang populer dengan kisahnya yang ditelan oleh ikan paus atau ikan nun. Pada saat ditelan, Nabi Yunus AS memanjatkan doa yang berisi permohonan kepada Allah SWT untuk memohon ampun dan menerima pertolongan agar dapat kembali keluar dari perut ikan paus. Doa itulah yang saat ini dikenal sebagai doa Nabi Yunus. Simak penjelasan lebih lengkap mengenai doa Nabi Yunus di bawah ini.

Doa Nabi Yunus AS

Doa yang dipanjatkan oleh Nabi Yunus AS saat berada di dalam perut paus bisa Anda amalkan dengan bacaan berikut.

“Lailaha illa Anta subhanaka inni kuntu minadhdhalimin.”

Artinya: "Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim."

Doa Nabi Yunus di atas juga dapat ditemukan dalam surah Al-Anbiya' [21} ayat 87 berikut:

“Wa dzan-nuuni idz dzahaba mughadhiban fazhanna an lan naqdiro 'alaihi fanada fidz-dzulumati an la ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minazh-zhalimin.”

Artinya: "Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Nabi Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya). maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap, "Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim." (QS. Al-Anbiya'[21]:87)

Ilustrasi doa Nabi Yunus (Pixabay)

Faedah Doa Nabi Yunus AS

Dikutip dari buku berjudul Dahsyatnya Doa Para Nabi (2008), doa Nabi Yunus mempunyai keistimewaan jika rajin diamalkan. Keistimewaan dari doa Nabi Yunus AS, dapat kita lihat melalui hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan Imam Bukhari dari Ibnu Abbas RA. Disebutkan bahwa Rasulullah SAW selalu membaca doa ini saat beliau sedang bersedih.

“Laailaaha illalloohul 'azhiimil haliim, laa ilaaha illalloohu robbul 'arsyil 'azhiim, laa ilaaha illalloohu robbus samaawaati wa robbul ardhi wa robbul 'arsyil kariim.”

Artinya: "Tidak ada Tuhan yang wajib disembah selain Allah, Tuhan yang Maha Agung lagi Maha Santun, tiada Tuhan yang wajib disembah selain Allah, Tuhan yang menguasai Arsy yang agung, Tiada Tuhan yang wajib disembah selain Allah, yang menguasai langit dan bumi dan menguasai Arsy yang agung." HR. Bukhari dan Muslim.

Doa ini disebut dengan "Al Kurb" yang berarti sebagai doa kesusahan atau doa kesedihan. Siapapun yang mengamalkan, maka Allah SWT akan memberikan lebih dari apa yang diminta. Meskipun di dalam doa tersebut tidak terkandung sebuah permintaan, tetapi masih disebut sebagai doa. Sebab, di dalam doa tersebut terkandung pujian kepada Allah SWT.

Bagi Anda yang mengamalkan doa Nabi Yunus saat sedang sakit akan mendapatkan beberapa manfaat seperti:

Apabila sembuh dari sakitnya, maka Allah SWT akan mengampuni segala dosanya.

Apabila mengamalkan doa Nabi Yunus AS sebanyak 40 kali ketika sedang sakit, dan apabila meninggal dunia karena disebabkan sakitnya tersebut, maka Allah SWT akan memberikan pahala kepadanya seperti pahala para syuhada.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa doa Nabi Yunus AS memiliki keistimewaan untuk mendapatkan segala keinginan bagi yang mengamalkannya dan dimudahkan dalam melewati kesulitan dalam hidup.

Demikianlah ulasan tentang doa Nabi Yunus AS yang bisa diamalkan setiap harinya. Semoga bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi