Cara Mengubur Kucing Kesayangan dengan Penuh Cinta Kasih di Rumah

| 26 Jul 2024 23:00
Cara Mengubur Kucing Kesayangan dengan Penuh Cinta Kasih di Rumah
Cara mengubur kucing (freepik)

ERA.id - Saat Anda kehilangan hewan peliharaan tentunya ingin memberikan penghormatan terakhir yang layak bagi mereka. Lantas bagaimana cara mengubur kucing yang benar?

Menguburkan kucing adalah cara yang penuh makna untuk mengembalikan mereka ke alam dan memberi mereka tempat peristirahatan yang tenang. Artikel ini akan memandu Anda prosesi menguburkan kucing dengan cara yang layak.

Cara Mengubur Kucing

  1. Pilih tempat pemakaman

Pilihlah lokasi pemakaman, seperti di halaman rumah Anda. Namun jika Anda ingin memilih tempat yang istimewa atau simbolis cobalah beberapa hal berikut.

Misalnya, jika kucing Anda sering berada di dekat bunga liar di halaman, tempat tersebut mungkin menjadi pilihan yang baik untuk menguburnya.  Namun jika kucing Anda suka bermain di kebun, Anda bisa menguburnya di sana.

Jangan lupa, pikirkan logistiknya dan jangan pilih tempat dengan halaman yang sering dilalui atau dapat mengganggu. Pilih area halaman yang jarang Anda datangi. Jika Anda memiliki anak kecil, pilihlah tempat yang tidak menjadi area bermain mereka.

Kubur kucing bersama mainan favoritnya (freepik)
  1. Siapkan Pilih peti mati atau wadah

Anda mungkin memerlukan wadah untuk meletakkan kucing peliharaan Anda sebelum pemakaman. Di daerah tertentu, Anda mungkin diwajibkan menggunakan jenis wadah tertentu karena kekhawatiran mengenai pencemaran tanah.

Anda dapat membeli peti mati untuk hewan peliharaan secara online. Namun, jika peti mati masih terasa mahal, Anda juga bisa mengubur kucing Anda dalam kotak kardus.

Namun jika kucing Anda memiliki tempat tidur yang disukai, pertimbangkan untuk menguburnya di tempat tidurnya. Jika Anda tidak ingin menggunakan wadah, Anda bisa membungkus kucing Anda dengan handuk sebelum dikubur.

  1. Penanda kubur

Ada banyak hal yang bisa Anda gunakan untuk menandai makam hewan peliharaan. Anda dapat membeli penanda untuk hewan peliharaan secara online, yang dapat Anda sesuaikan untuk mencantumkan nama hewan peliharaan dan detail lainnya, seperti tanggal lahir dan kematian.

Namun, jika ingin hemat ada opsi lain. Anda bisa mengumpulkan batu dari halaman belakang dan menumpuknya di dekat makam. Bagi Anda yang ingin mencantumkan nama kucing pada penanda kubur, Anda bisa menggunakan cat untuk menulis nama kucing pada batu yang lebih besar.

Sementara itu, jika kucing Anda menyukai jenis tanaman tertentu, pertimbangkan untuk menanamnya di atas makam kucing Anda. Coba tanam sesuatu yang lebih besar, seperti pohon.

  1. Kumpulkan peralatan yang diperlukan

Anda akan membutuhkan beberapa peralatan untuk mengubur kucing Anda. Anda bisa menemukan sebagian besar peralatan ini di toko bangunan jika Anda tidak memilikinya di rumah. Berikut beberapa peralatan yang Anda butuhkan:

  • Sarung tangan
  • Sekop
  • Tali untuk mengikat kotak atau wadah

Tempatkan kucing Anda di wadah yang dipilih. Gunakan sarung tangan memegang tubuh kucing Anda. Anda bisa mengubur kucing dengan beberapa barang kesukaannya. Misalnya, membungkus kucing Anda dengan selimut favoritnya, atau  meletakkan mainan favorit kucing di dalam wadah.

Pastikan untuk mengikat kotak dengan tali setelah meletakkan kucing di dalamnya. Gali lubang sedalam 50 cm. Pastikan lubangnya cukup dalam agar tubuh kucing Anda tidak dimakan predator.

Selain itu, pastikan juga lubangnya cukup lebar untuk menempatkan peti mati kucing ke dalam tanah.

  1. Adakan upacara kecil

Banyak orang merasa upacara peringatan membantu saat mengubur kucing mereka. Sebelum meletakkan kucing di dalam tanah, Anda bisa mengucapkan beberapa kata, menyanyikan lagu, atau membacakan puisi.

Pertimbangkan untuk mengundang teman dan anggota keluarga untuk mengucapkan selamat tinggal pada hewan peliharaan Anda.

Selain cara mengubur kucing, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi