Jangan Anggap Sepele, Ini Alasan Mencuci Gelas Harus Didahulukan

| 18 Aug 2020 14:40
Jangan Anggap Sepele, Ini Alasan Mencuci Gelas Harus Didahulukan
Mencuci gelas (Bohemia Crystal Glass)

ERA.id - Ada beberapa trik saat beres-beres rumah. Memang terlihat sepele, tapi manfaatnya sangat besar jika dilakukan, seperti kenapa gelas harus dibersihkan lebih dahulu saat mencuci piring?

Pertama, setelah, cucilah sendok, lalu yang terakhir piring. Gelas dipilih pertama karena sabun pada pencuci piring masih bersih dan belum ada minyak serta bau amis yang notabenenya dari cucian sendok ataupun piring. Kan tidak enak, jika kamu minum, minyaknya lengket atau baunya aneh, ya kan?

Kedua, mengepel lantai dengan gerakan mundur dari depan kemudian ke belakang sedikit demi sedikit. Jika mengepel maju mundur, lantainya akan terinjak bekas kaki.

Ketiga, melipat baju usahakan sisinya harus sama pada bagian pojok kiri bawah. Hasilnya lebih rapi, walaupun tidak serapi saat di laundry.

Keempat, jika membersihkan sebuah ruang secara besar-besaran, maka mulailah dengan bagian yang atas terlebih dahulu. Seperti langit-langit ruangan, ventilasi, meja-meja atau lemari-lemari, baru berakhir di lantai. Karena, masa habis menyapu di lantai, terus bersihkan langit-langit rumah, lantainya disapu lagi? Alangkah baiknya, kerja cerdas dengan sekali menyapu saja.

Kelima, jemurlah pakaian dengan dikibaskan terlebih dahulu. Supaya pakaiannya nanti tidak terlalu kusut dan tidak terlihat seperti kerupuk jika sudah kering.

Keenam, saat menjemur pakaian dalam, pastikan bagian depan celana berada di dalam, dan yang bagian belakang menghadap sinar matahari. Usahakan menjemur pakaian dalam di belakang rumah atau di tempat yang tidak dijangkau banyak orang.

Ketujuh, kalau bau amis tidak hilang pada benda yang sudah dicuci walau sudah pakai sabun, maka gunakan abu gosok. Bukan hanya menghilangkan bau amis, abu gosok juga bisa membuat piring dan gelas lebih bersih.

Rekomendasi