Anti Gagal, Rahasia Sukses Memasarkan Produk Lokal agar Laku Keras

Tim Editor

Ilustrasi bisnis (Foto: Unsplash/krakenimages)

ERA.id - Seperti investasi, memulai bisnis selalu dihantui rasa takut. Takut nggak laku, takut rugi, dan takut bangkrut. Padahal, bisnis online di era pandemi seperti sekarang jadi opsi favorit bagi para pengusaha.

Dalam berbinis, memasarkan produk lokal memiliki peran sangat penting. Sebab, langkah utama ini sangat efektif agar produk yang dipasarkan laku keras. 

CEO Garis Temu Giorrando Grissandy menjelaskan tiga hal yang harus diperhatikan saat memasarkan produk sendiri. Yang pertama adalah harus mengetahui brand atau mengenali produk sendiri. 

"Kita harus tahu produk apa yang dipunya. Kita dituntut bukan sekedar tahu saja. Tapi, dengan produk yang dimiliki. Kebanyakan orang nggak kenal produk sendiri atau ikut-ikutan saja," ungkap Giorrando Grissandy melalui virtual ShopeePay Talks via Zoom, Rabu (17/2/2021).

Langkah yang kedua adalah mengenali target pasar yang dituju. Hal ini agar para pengusaha menjual produk sesuai keinginan konsumen yang dibutuhkan.

"Jadi, kebanyakan orang nggak kenal target mereka. Cara mengetahuinya adalah membuat riset pasar. Harus riset sedetail mungkin. Bisa dari daerah atau di pasar tersebut," katanya.

Langkah yang ketiga adalah cara berkomunikasi yang tepat untuk target pasar. Para pengusaha sekarang bisa memanfaatkan berbagai platform hingga media sosial sebagai ajang promosi.

"Dengan platform , visual, media sosial, packing itu cara komunikasi ke audiance," tuturnya.

Tag: tips bisnis Produk Lokal

Bagikan: