India Izinkan Turis Asing Datang Mulai 15 November 2021

| 15 Oct 2021 14:35
India Izinkan Turis Asing Datang Mulai 15 November 2021
India Cabut Lockdown (Freepik/wirestock)

ERA.id - India akhirnya membuka kembali perbatasannya untuk para turis asing dari luar negeri. Pemberlakuan izin ini berlaku mulai 15 November 2021.

Izin kedatangan turis asing ke India ini disampaikan oleh pemerintah negara pada Kamis (14/10/2021) waktu setempat. Menurut Kementerian Dalam Negeri India, turis yang tiba dengan penerbangan komersil bisa datang ke India mulai 15 November 2021.

Turis pertama yang akan mendarat pada hari Jumat akan menjadi yang pertama datang ke negara tersebut setelah 19 bulan menutup pintu bagi wisatawan asing.

Sejak menutup perbatasan negara tersebut pada Maret 2020, Perdana Menteri Narendra Modi tidak mengeluarkan visa turus di India untuk mengendalikan pandemi Covid-19. Namun dalam beberapa bulan terakhir, beberapa visa untuk diplomat dan pejabat bisnis telah diaktifkan kembali. Begitu juga untuk visa para pelajar yang diizinkan masuk ke India.

Keputusan untuk kembali memberikan izin turis asing yang diumumkan awal bulan ini datang pada saat kasus Covid-19 harian di India menurun. Negara tersebut telah mencatat sekitar 20.000 orang terinfeksi Covid-19 setiap hari. Angka tersebut turun dari puncaknya yang sempat tercatat mencapai 400.000 kasus dalam sehari pada April dan Mei.

Lebih dari 70 persen populasi di India sudah menerima satu dosis vaksin. Namun, para ahli dan pejabat pemerintah terus mengawasi dan memberikan peringatan untuk tidak merasa puas dengan hal tersebut, terutama dengan membuka kembali gerbang perbatasan untuk wisatawan asing.

"Semua protokol dan norma yang berkaitan dengan Covid-19 sebagaimana diberitahukan oleh Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga dari waktu ke waktu, harus dipatuhi oleh turis asing, maskapai yang membawa mereka ke India dan semua pemangku kepentingan lainnya di stasiun pendaratan," kata pernyataan pemerintah India, dikutip CNN, Jumat (15/10/2021).

Pelonggaran pembatasan perjalanan ke luar negeri juga bertepatan dengan dimulainya musim puncak perjalanan India, memicu harapan kebangkitan industri pariwisata yang sempat terpuruk.

Pada tahun 2019, India mencatat kedatangan turis asing sebanyak 10,6 juta orang sebelum adanya pandemi. Tahun 2018, penerimaan devisa dari pariwisata sendiri mencapai 28,6 miliar dolar (Rp401 triliun).

Rekomendasi