Biaya Asian Games 2018 Sebesar Rp8,2 Triliun

Tim Editor

Patung Arjuna memanah di kawasan stadion utama Gelora Bung Karno (Foto: ANTARA/INASGOC/Oscar Motuloh)

Jakarta, era.id - Asian Games 2018 sudah rampung. Menyisakan rasa bangga yang tak bakal habis. Kini saatnya mempertanggung jawabkan anggaran yang selama ini sudah digunakan untuk membiayai hajatan ini.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan, penyelenggaraan Asian Games dibiayai APBN 2015-2018 sebesar Rp8,2 triliun. Dana itu dikelola secara bersama oleh INASGOC dan Kemenpora. INASGOC menggunakan dana itu untuk seluruh persiapan, pembukaan, penyelenggaraan, hingga penuntasan penyelenggaraan Asian Games. 

Urusan penyiapan/pembinaan atlet dalam periode 2015-2018, APBN juga telah mengucurkan dana Rp2,1triliun. Jumlah ini termasuk bonus bagi atlet, pelatih dan tim official. 

Baca juga: Suksesnya Asian Games dan Peran Luar Biasa Relawan

"Pembinaan atlet memang memerlukan waktu panjang untuk latihan di dalam dan luar negeri. Hasil Asian Games 2018 menjadi batu loncatan untuk menuju Olimpiade 2020," kata Sri Mulyani melalui akun Facebook-nya.


Foto bendera merah putih di closing ceremony (INASGOC)

Sejak 2015-2018, APBN juga sudah mengucurkan dana Rp13,7 triliun untuk biayai sektor kontruksi di Jakarta dan Palembang. Semua fasilitas di kawasan olahraga Senayan-Jakarta dan di kawasan Jakabaring-Palembang, infrastruktur jalan termasuk LRT, semuanya dapat dimanfaatkan masyarakat setelah Asian Games. Termasuk apabila ada kegiatan olah raga tingkat internasional di kemudian hari. 

Baca juga: Setelah Asian Games, Saatnya Olimpiade

"Masyarakat membutuhkan ruang untuk berolah raga, berinteraksi dan beraktivitas supaya tetap sehat, produktif , dan terus kreatif positif. Kita akan menjaga aset negara untuk semaksimal mungkin manfaat bagi masyarakat luas," lanjut Sri Mulyani.

"Kehadiran sekitar 17 ribu atlet dan official, 7 ribu awak media serta puluhan ribu penonton dari mancanegara tentu juga akan membawa dampak ekonomi dari sisi pariwisata, kuliner, penginapan dan cendera mata.


Pemain sepak takraw Jepang mencoba menahan tendangan pemain sepak takraw Indonesia (Foto: ANTARA/INASGOC/Ferdy Siregar)

Tag: asian games 2018

Bagikan: