Mengapa Amien Jadi Tokoh Pertama yang Dipanggil Polisi?

Tim Editor

Anggota Dewan Pengarah BPN Prabowo-Sandi, Amien Rais. (Mery/era.id)

Jakarta, era.id - Kasus penyebaran kebohongan Ratna Sarumpaet masih terus dikembangkan polisi. Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Amien Rais jadi tokoh pertama yang akan diperiksa penyidik.

Rencananya Amien akan diperiksa pihak kepolisian pada Rabu (10/10) besok. Pemanggilan mantan Ketua MPR RI ini bukan tanpa alasan. Kabid Humas Polda Metro Jaya Argo Yuwono bilang, bahwa pemanggilan Amien merupakan kewenangan penyidik, sebab penyidik lebih megetahui informasi apa yang dibutuhkan.

"Tentunya kita menurut mengikut kepada penyidik. Penyidik yang mengagendakan, penyidik yang lebih tahu, penyidik yang gelar perkara, yang lidik kasus ini," kata Argo.

Menanggapi itu, Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengaku enggan berspekulasi terkait penetapan Amien sebagai tokoh yang pertama diperiksa polisi.


Kronologi drama Ratna Sarumpaet. (Audrey/era.id)

Menurut Eddy, baik Amien Rais maupun capres Prabowo Subianto hanya merespons keterangan Ratna mengenai pengeroyokan yang dialaminya. Apalagi, kata Eddy, posisi Ratna saat itu merupakan tim internal BPN Prabowo-Sandi.

Baca Juga : Kubu Prabowo-Sandi Kawal Amien pada Kasus Ratna

"Saya tidak mau berasumsi, saya tidak mau berspekulasi, Pak Prabowo, Pak Amien sifatnya hanya merespons apa yang menjadi ungkapan dari Ibu Ratna Sarumpet yang menyatakan bahwa dirinya dianiaya," tutur Eddy, di Jakarta, Selasa (9/10/2018).

Sementara itu, Pengamat Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin menilai, sosok Amien yang dianggap tokoh sentral pada koalisi Prabowo-Sandi lah yang menjadi pertimbangan penyidik untuk memanggil Amien lebih dahulu dari tokoh lain.

"Pak Amien ini kan tokoh sentral, mungkin polisi ingin dengar keterangan lebih dulu dari Pak Amien," kata Ujang, saat dihubungi era.id, di Jakarta, Selasa (9/10/2018).

Baca Juga : Bawaslu Belum Berani Panggil Prabowo soal Hoaks Ratna

Selain itu, Ujang menduga bahwa pemanggilan Amien berunsur politik. Apalagi saat ini, katanya, PAN telah beralih mendukung oposisi pada Pemilu Presiden 2019. 

"Bisa terkait politik. Karena Amien Rais ada di kubu Prabowo-Sandi. Hukum itu kan produk politik, akan ditarik-tarik ke politik, pasti ada unsur politik dan dampak politik. Unsur politiknya Ratna berbohong, dampak politiknya orang yang ikut merespons ceritanya terseret, elektabilitas Prabowo akan dirugikan, tokoh lain yang ikut (merespons) akan kehilangan simpati dari masyarakat," tuturnya.

Tag: ratna sarumpaet ditangkap

Bagikan: