Hottest Issue Malam, Selasa 9 Oktober 2018

Tim Editor

Ilustrasi. (Mahesa/era.id)

Jakarta, era.id - Selamat sore menjelang malam pembaca setia era.id. Menemani istirahat kamu setelah seharian melakukan aktivitas, kami kembali menyajikan Hottest Issue yang merupakan rangkuman pemberitaan yang ramai sejak siang hingga saat ini. Apa saja ya isu terpanas malam ini. Yuk baca rangkumannya!

1. Emas dari David Jacobs

Atlet tenis meja disabilitas andalan Indonesia, David Jacobs berhasil meraih medali emas Asian Para Games 2018 pada final kelas TT 10 yang berlangsung di Econvention Ancol, Jakarta, Selasa (9/10/2018). David meraih medali emas setelah mengalahkan atlet asal China, Lian Hao, dengan skor 11-4, 7-11, 11-6, dan 17-15.

Dilansir dari asianparagames2018.id, David Jacobs menunjukkan performa impresif sejak pertandingan gim pertama. Serangan-serangan agresif dan penempatan bola yang akurat menjadi faktor utama keunggulan David atas Lian Hao.    


David Jacobs (Foto: asianparagames2018)

2. Tahanan Berkeliaran di Palu

Ribuan napi Lembaga Pemasyarakatan Palu, Sulawesi Tengah, masih berkeliaran dan belum kembali. Mereka ini kabur saat gempa bumi serta gelombang tsunami menerjang Palu, Jumat (28/9).

Direktur Jenderal Pemasyarakatan Sri Puguh Budi Utami mengatakan, dari seluruh warga binaan, tercatat 204 orang masih bertahan di dalam, sebanyak 360 orang sudah melapor dan 1.090 di masih luar. Ditjen Pemasyarakatan belum melakukan pencarian terhadap warga binaan yang masih belum diketahui keberadaannya. 

"Sampai kami normal dulu, ada air, listrik, baru kita minta mereka untuk kembali," kata Sri Puguh di Kota Batam, Kepulauan Riau, Selasa (9/10/2018).

Baca Juga : Ribuan Tahanan Masih Berkeliaran di Palu

Dia bilang, pihaknya harus memastikan dapat memberikan pelayanan dasar kepada warga binaan terlebih dulu sebelum mengumpulkan kembali warga binaan. Karena hingga kini, pasokan listrik, air dan makanan belum normal.

3. Persiapan Pemeriksaan Amien

Penyidik Polda Metro Jaya menjadwalkan ulang pemeriksaan anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Amien Rais terkait dengan berita bohong yang diutarakan Ratna Sarumpaet. Ini merupakan kali kedua polisi memanggil Amien Rais untuk dimintai keterangannya, setelah sebelumnya pada Jumat (5/10) Amien tak hadir dalam pemeriksaan.

Baca Juga : Persaudaraan 212 Bakal Kawal Pemeriksaan Amien Rais

Ketua Dewan Kehormatan PAN itu akan diberikan pengawalan dan pendampingan dari tim pemenangan Prabowo. Selain itu, tim ini juga akan memberikan pengarahan untuk Amien dalam memberikan jawaban kepada penyidik terkait masalah ini.

Rencananya ia juga akan didampingi 300 advokat dan 500 lebih massa dari Persaudaran Alumni (PA) 212 yang akan mengawal pemeriksaan terhadap mantan Ketua MPR tersebut.


Undangan aksi kawal pemeriksaan Amien Rais. (Foto: Istimewa)

4. Gempa Bulukumba

Gempa berkekuatan 5,2 Skala Richter kembali mengguncang Kota Palu, Sulawesi Tengah pada Selasa pagi pukul 04.15 WIB dan 4,8 Skala Richter di Bulukumba, Sulawesi Selatan Minggu (7/10) pukul 15.40 WIB.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, kedua gempa tersebut tidak menimbulkan dampak merusak dan korban jiwa. 

Akan tetapi, masyarakat diimbau tetap tenang karena banyak beredar video hoaks terkait gempa tersebut. Video dan foto itu seolah-olah merupakan dampak dari dua gempa yakni berupa jalan terbelah, rumah hancur, dan kepanikan luar biasa.

Padahal, video dan foto tersebut merupakan dokumentasi dampak gempa 7,4 Skala Richter di Donggala yang terjadi pada Jumat (28/9) sore. Gempa yang tidak berpotensi tsunami tersebut dirasakan kuat selama kurang lebih lima detik dan masyarakat setempat sempat panik. 

5. Honorer Dapat Jatah CPNS

Sebanyak 13.345 tenaga honorer kategori II (K-II) dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Hal itu setelah dilakukan penyesuaian dengan Peraturan Menteri PANRB Nomor 36 Tahun 2018 dari total keseluruhan 438.590 tenaga honorer.

Baca Juga : 13.345 Tenaga Honorer K-II Penuhi Syarat Seleksi CPNS

Dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 36 Tahun 2018 pada lampiran F disebutkan, untuk dapat mengikuti seleksi CPNS Tahun 2018, tenaga honorer K-II harus memenuhi persyaratan di antaranya berusia paling tinggi 35 tahun, serta masih aktif bekerja terus-menerus sampai sekarang.

Tag: hottest issue

Bagikan: