Hati-Hati Ada KPK Gadungan di Bekasi

Tim Editor

Proposal dari KPK gadungan. (Tasha/era.id)

Jakarta, era.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lagi-lagi mendapatkan informasi adanya pihak tak bertanggung jawab yang mencatut nama lembaganya. Kali ini, aksi yang dilakukan KPK gadungan terjadi di Bekasi.

Mengaku sebagai Komite Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi KPK-Jabar Setda Bekasi Raya, sebuah ormas mengajukan proposal pengadaan belanja yang terdiri dari meja, kursi, sofa, dan peralatan kantornya dengan nilai total mencapai Rp274.600.000.

Menanggapi hal itu, KPK menyebut lembaga itu tak ada hubungannya dengan ormas tersebut, kendati menggunakan logo KPK dan mengaku perwakilan KPK Jawa Barat.

Baca Juga : Empat Penyidik KPK Gadungan Diringkus

"Kami sampaikan bahwa lembaga tersebut tidak ada hubungannya dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kami ingatkan pada pihak yang menerima surat atau dokumen-dokumen tersebut agar berhati-hati," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Kamis (18/10/2018).


Proposal dari KPK gadungan. (Wardhany/era.id)


Proposal dari KPK gadungan. (Wardhany/era.id)

Baca Juga : Polres Subang Tangkap 'KPK Gadungan'

Febri juga menyebut, kejadian serupa juga seringkali terjadi. Pihak tak bertanggung jawab itu meminta uang pada para pejabat atau pihak tertentu dan menggunakan identitas sebagai pegawai KPK atau organisasi yang terafiliasi dengan lembaga antirasuah itu.

"Hal tersebut kemudian ditindaklanjuti oleh Polri. Kami harap hal tersebut tidak perlu terjadi kembali dan tidak ada lembaga yang mengaku seolah-olah KPK dan kemudian melakukan perbuatan melawan hukum," tutup Febri.

Tag: kpk penipuan

Bagikan: