Dari Godzila sampai Hulk Jadi Rasi Bintang Baru

Tim Editor

    Gugus rasi bintang baru NASA (NASA.gov)

    Jakarta, era.id - Belum lama ini NASA telah mengumumkan 88 daftar konstelasi terbaru yang diambil dari pancaran sinar gamma. Menariknya 21 konstelasi atau gugusan rasi bintang baru ini diberi nama-nama populer yang dikenal masyarakat dunia.

    Jika dulu kita mengenal rasi bintang Aries sampai Vega, kali ini NASA memilih nama-nama dari pop culture dan tempat-tempat terkenal di dunia. Mulai dari TARDIS kotak telepon umum yang jadi mesin waktu di serial tv Doctor Who, Mjonir atau palu milik Thor, Godzilla, Hulk sampai pesawat antariksa Starship Enterprise di film Star Trek.



    Tempat-tempat ikonik menara Eiffel, jembatan Golden Gate di Amerika Serikat (AS), Obelisk, Koloseum, dan gunung Fuji dari Jepang juga dipilih untuk jadi nama rasi bintang baru nasa itu. Selain itu nama ilmuwan Albert Einstein juga diabadikan dalam daftar gugus bintang baru NASA itu.

    Melansir dari laman website NASA, gugus bintang baru ini didapat dari hasil pengamatan Teleskop Sinar Gamma Fermi. Dari situ lah, para ahli menemukan titik pancaran cahaya berupa sinar gamma yang membentuk sebuah pola tertentu. 

    "Mengembangkan konstelasi tidak resmi adalah cara yang sangat menyenangkan untuk menyoroti satu dekade pencapaian Fermi. Lewat satu atau banyak cara, semua rasi bintang sinar gamma memiliki kaitan dengan Fermi," kata ilmuwan proyek Fermi, Julie McEnery, seperti dilansir dari website NASA, Senin (22/10/2018).



    Ini jadi perjalanan satu dekade, Large Area Telescope (LAT) Fermi dalam misi menandai cahaya antariksa sejak tahun 2008. Satelit ini bertugas untuk memetakan cahaya berenergi yang bisa berasal dari ledakan nova, puing ledakan supernova, berkas ledakan sinar gama dan pancaran cahaya lainnya yang terletak di galaksi.

    Pada 2015, proyek konstelasi pimpimam Elizabeth Ferrara telah berhasil memetakan 3.000 pancaran sumber gamma di langit. Angka tersebut 10 kali lebih banyak dibanding misi Satelit Fermi diluncurkan.

    "Untuk pertama kalinya, jumlah sumber sinar gamma sebanding dengan jumlang bintang di rasi bintang tradisional. Jadi kami pikir, kenapa tidak untuk mengelompokkannya menjadi rasi bintang baru," imbuh Ferrara. 



    Adapun pemilihan nama rasi bintang dari karakter fiktif Hulk dan Godzila dikarenakan kedua makhluk itu tercipta dari eksperimen yang memanfaatkan paparan sinar gamma. Sedangkan tempat-tempat ikonik dari suatu negara dipilih, sebagai lambang kontribusi dari para peneliti yang terlibat dalam misi kali ini. 

    Nantinya semua konstelasi yang telah berhasil dicatat itu akan dimasukkan dalam daftar gugus rasi bintang di dunia. "Kami masih menyiapkan katalog LAT baru untuk semua langit," ucap salah seorang anggota tim Satelit Fermi.

    Buat kalian yang ingin melihat langsung tampilan gugusan rasi bintang baru NASA, bisa mengaksesnya di link: https://fermi.gsfc.nasa.gov/science/constellations/

    Tag: pencurian dana nasabah bri gugus rasi bintang

    Bagikan :