Evakuasi Hari Kedua, Kursi Pesawat Ditemukan

Tim Editor

Temuan sejumlah barang penumpang Lion Air JT 610. (Mery/era.id)

Jakarta, era.id - Tim Basarnas terus melakukan pencarian korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 160 rute Jakarta-Pangkalpinang.  Proses evakuasi dipusatkan di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT)-2 di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok.

Pantauan tim era.id di lokasi, Selasa (30/10/2018), tim evakuasi mendapatkan sejumlah barang dari hasil pencarian di perairan Tanjung Pakis, Karawang.

Di antaranya, kartu pengenal seperti kartu tanda penduduk berbasis eletronik (e-KTP), paspor, kartu instasi, dompet dan berbagai barang milik korban tengah dipisahkan satu persatu.


Temuan sejumlah barang penumpang Lion Air JT 610. (Mery/era.id)

Identifikasi ini melibatkan Basarnas, Polsek Tanjung Priok, TNI dan Polri juga ikut membantu memasukan identitas para korban ke dalam kantung plastik transparan yang sudah diberikan nama.

Namun, awak media belum diperbolehkan untuk melihat lebih dekat, guna mempercepat proses identifikasi data korban.

Berdasarkan data Basarnas, opererasi hari kedua ini mengerahkan helikopter Bell, dua unit helikopter Enstrom 480 B, helikopter NBO 105, serta Kapal Negara (KN) SAR  Basudewa.

Rencananya, hari kedua pencarian ini, operasi SAR akan menyisir dua lokasi. Lokasi prioritas pertama dilakukan pencarian di bawah air yang akan dilakukan oleh KRI Rigel, Kapal Baruna Jaya, KN SAR 206 Bandung, dan kapal Pertamina.

Sedangkan daerah prioritas dua akan melibatkan 23 kapal yang terdiri dari Kapal Basarnas, Kementerian Perhubungan, TNI AL, POLAIR, KPLP, dan Beacukai.


Daftar rencana operasi SAR Lion Air JT 610. (Mery/era.id)

Hingga siang ini, baru kapal KRI Banda Aceh 593 yang merapat ke JITC 2 untuk menurunkan temuan pencariannya. Kapal tersebut sejumlah bagian pesawat, di antaranya kursi pesawat.

Selain itu, kapal ini juga membawa sejumlah barang lain, seperti bagian tubuh. Nantinya, bagian tubuh ini akan diangkut dengan menggunakan ambulans untuk dibawa ke RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur. Di sana, potongan tubuh tersebut akan diidentifikasi untuk diserahkan kepada keluarga.

Untuk informasi, pesawat ini membawa 178 penumpang dewasa, seorang anak dan dua bayi, dengan pilot, kopilot, dan enam awak pesawat. Saat ini, seluruh korban masih dalam proses identifikasi.

Tag: lion air jatuh

Bagikan: