Tim Fokuskan Pencarian CVR Milik Lion Air JT 610

Tim Editor

16 orang dari Boeing itu akan menginvestigasi penyebab kerusakan pesawat Lion Air JT 610. (Diah/era.id)

Jakarta, era.id - Pada pencarian dan evakuasi pesawat Lion Air PK-LQP di hari keempat, tim gabungan Badan SAR Nasional (Basarnas), TNI, Polri, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) berhasil menemukan salah satu dari dua Black Box, yaitu flight data recorder (FDR).

Diketahui, FDR berisi rekaman data penerbangan, mencakup seperti kecepatan, arah, serta ketinggian pesawat. Namun, dalam investigasi penyebab jatuhnya pesawat yang dilakukan oleh KNKT, penemuan FDR pun tak cukup.

Jadi, pada hari ini, tim pencarian akan mencari Black Box, cockpit voice recorder (CVR) yang berisi rekaman percakapan pilot dengan kopilot di jarak sekitar 300 meter dari lokasi penemuan FDR

"Data scan sonar kami punya tiga suspek yang kami anggap terbukti, itu saya sebut dengan C30, C31 dan C38. Baru di C30 dan C31 yang diselami oleh teman teman Basarnas dan Marinir. Yang C38 belum, mungkin kami akan melakukan lagi ulang, karena tempat itu agak jauh kapal kami," ucap Kepala Balai Teknologi Survei Kelautan (Teksurla) BPPT Muhammad Ilyas di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (1/11/2018).


Ilustrasi bergerak (era.id)

Sebenarnya, kata Ilyas, sinyal CVR sudah tertangkap oleh tim pencarian. Namun, kemarin ada kendala dalam penelusuran karena jarak kapal berada 500 meter di luar titik lokasi sehingga penyelam beserta alat ROV cukup sulit untuk menjangkau.

"Kita sudah menangkap dia punya sinyal di kapal kami, memang yang jadi masalah kapalnya harus berpindah dari lokasi yang kita memang anggap adalah potensi distribusi banyaknya pecahan pecahan pesawat,namun karena Kendalanya disitu ada pipa pertamina," kata Ilyas.

"Kami harus berada di luar sekitar 550 meter dari lokasi itu untuk melakukan operasi ROV ini dengan kesulitan arusnya sangat deras di sana," lanjutnya.

Oleh karenanya, Ilyas berharap operasi yang dilakukan mulai pukul 08.00 hari ini akan bisa menemukan CVR sehingga penyebab jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP di perairan Tanjung Karawang bisa segera diungkap.

Tag: lion air jatuh black box

Bagikan: