Pencarian Black Box CVR Lion Air Butuh Waktu 6 Hari

Tim Editor

CVR Lion Air PK LQP. (Diah/era.id)

Jakarta, era.id - Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono menyebut pencarian black box atau kotak hitam berjenis CVR (Cockpit Voice Recorder), Lion Air PK LQP dengan nomor penerbangan JT 610 memakan waktu selama enam hari.

"Hasil kerja bersama KNKT bersama tim dari Komando Pasukan Katak Koarmada I dan Dinas Penyelamatan Bawah Air koarmada I pada KRI Spica melaksanakan operasi bersama disana selama kurang lebih 6 hari kerja. Tadi pagi barangnya sudah ketemu," tutur Yudo di KRI Todak menuju lokasi penemuan CVR di Tanjung Karawang, Senin (14/1/2019).

Yudo menyebut, CVR akan dibawa ke dermaga JICT dan selanjutnya diserahkan ke kantor Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk ditindaklanjuti.


Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono. (Diah/era.id)

"Kita akan ambil barang itu dengan kapal ini (KRI Todak) ke JICT supaya lebih selanjutnya kita akan serahkan ke KNKT," kata dia.

Berdasarkan informasi sementara yang Yudo dapatkan, CVR ditemukan di perairan dengan kedalaman laut sekitar 30, dan tertimbun lumpur sedalam 8 meter.

"Pengambilan memang agak kesulitan, akan tetapi berkat kegigihan kita, CVR itu dapat ditemukan. Kita langsung ke TKP, kita tanya langsung pada rekan-rekan yang menemukan barang itu," ungkap dia.

Untuk kamu tahu, CVR Lion Air PK LQP dengan nomor penerbangan JT 610 berhasil ditemukan, Senin (14/1/2019) pukul 09.10 WIB. Pesawat dengan rute Jakarta-Pangkalpinang ini jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, pada Senin 29 Oktober 2018.


CVR Lion Air PK LQP. (Diah/era.id)

Proses pencarian ini berawal dari diperolehnya suara ping atau sinyal CVR Lion Air, yang masih terdengar setelah 73 hari dari peristiwa jatuhnya pesawat yang mengangkut 178 penumpang dan lima kru pesawat tersebut.

Selain mengambil CVR, tim juga menemukan tulang belulang yang diduga korban pesawat. Total ada 7 kilogram tulang belulang yang ditampung di dalam freezer atau lemari pendingin.

Tag: lion air jatuh

Bagikan: