Hasil DNA Korban JT 610 Segera Diumumkan

Tim Editor

Konferensi Tim Disaster Victim Identification (DVI) Mabes Polri. (Tasha/era.id)

Jakarta, era.id - Tim Disaster Victim Identification (DVI) Mabes Polri menyebut, hasil tes DNA terhadap korban pesawat Lion Air JT 610 akan segera keluar. Kemungkinan hasil tes tersebut akan dirilis pada hari Minggu (4/11) mendatang.

"Empat hari waktu paling cepat untuk hasil DNA paling tidak, Minggu sudah keluar hasilnya," ungkap Kepala Laboratorium DNA Pusdokkes tim DVI Mabes Polri Kombes Putut Cahyo Widodo di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (2/11/2018).

Menurut Putut, memang diperlukan waktu antara empat sampai delapan hari setelah diserahkan ke laboratorium untuk melakukan pemeriksaan atas sampel DNA dari bagian tubuh jenazah yang berhasil dievakuasi tersebut. 

"Jenazah kan tiba hari Senin, baru masuk ke DVI hari Selasa, besoknya Rabu baru kami bisa lakukan pemeriksaan. Jadi sering salah kaprah waktu dibutuhkan itu empat hari laboratorium, bukan empat hari setelah kejadian," jelasnya.


(Infografis/era.id)

Supaya kalian tahu, hingga Jumat (2/11) ini, total kantong jenazah yang masuk ke RS Polri mencapai 56 kantong. Dari jumlah itu, juga ditemukan 272 bagian tubuh yang dievakuasi di sekitar tempat jatuhnya pesawat Lion Air beregistrasi PK LQP tersebut.

Sebelumnya, pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkalpinang berangkat dari Jakarta pada pukul 06.20 WIB dan diperkirakan mendarat di Pangkalpinang sekitar pukul 07.05 WIB.

Namun, berdasarkan informasi dari air traffic control, pesawat tersebut JT 610 kehilangan kontak pukul 6.50 WIB dan dipastikan jatuh di laut perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Sebelum hilang kontak, pesawat ini sempat meminta untuk kembali ke base.

Pesawat ini membawa 178 penumpang dewasa, seorang anak dan dua bayi, dengan pilot, kopilot, dan enam awak pesawat.


(Ilustrasi/era.id)

Tag: lion air jatuh

Bagikan: