3 Top Weekend News, Pekan Pertama November

Tim Editor

Ilustrasi (era.id)

Jakarta, era.id - Selamat hari Sabtu. Buat kamu yang baru bangun tidur, ayo mengingat kembali sejumlah peristiwa dan isu penting yang mungkin saja belum kamu dapatkan perkembangannya. Dalam 3 Top Weekend News minggu ini, kami sajikan sejumlah gambaran lengkap dan terkini dari tiga isu terbesar minggu ini, mulai dari peluru nyasar ke Gedung DPR hingga refleksi setahun kepemimpinan Anies Baswedan di DKI Jakarta.


1. Kecelakaan Lion Air


Ilustrasi (era.id)


Tim Disaster Victim Investigation (DVI) Mabes Polri berhasil mengidentifikasi tiga jenazah korban pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (28/10).

Tiga penumpang yang berhasil diidentifikasi tersebut adalah dua laki-laki dan seorang perempuan. Untuk penumpang pertama adalah Candra Kirana dengan jenis kelamin laki-laki, berusia 29 tahun dan merupakan warga Sumatera Selatan.

Selain sedikit titik terang soal korban, otoritas juga telah berhasil menemukan black box pesawat yang akan sangat penting dalam upaya pengungkapan tragedi yang menelan 189 korban

Selengkapnya: Lion Air Jatuh


2. Kontroversi Tretan dan Coki


Ilustrasi (Mahesa/era.id)


Dunia maya Indonesia kehilangan Coki Pardede dan Tretan Muslim. Keduanya telah menyatakan mundur dari seluruh layar YouTube. Duo YouTuber ini juga menyatakan mundur dari dunia stand-up comedy.

Syukurlah. Bukan, bukan rasa syukur atas mundurnya Coki dan Tretan yang kami amini, tapi sebuah ungkapan bijaksana pernah menyerukan: jangan berikan panggung untuk orang bodoh. Kami yang lebih bijaksana dari sang bijaksana akan sedikit menyulihnya menjadi: jangan berikan panggung pada kebodohan.

Kontroversi soal Coki dan Tretan dipicu oleh sebuah konten video 'masak-masakan' yang diunggah di channel YouTube pribadi Tretan. Dalam tayangan yang diberi label Last Hope Kitchen itu, Coki dan Tretan menayangkan adegan memasak daging babi dengan campuran sari kurma cair.

Idenya sih, lewat tayangan itu Coki dan Tretan ingin kasih pesan persatuan antara unsur halal dan haram yang sejatinya berlawanan. Tapi, jadinya malah...

Selengkapnya: Kontroversi Tretan dan Coki


3. TKI Tuti Tursilawati


Tuti Tursilawati (Sumber: Migrant Care)


Indonesia kembali kehilangan pahlawan devisanya. TKI Tuti Tursilawati dihukum pancung di Arab Saudi tanpa notifikasi. Hukuman mati jadi momok bagi mereka para pahlawan devisa. Momok yang bisa jadi akan terpelihara panjang jika pemerintah enggak juga menghentikan praktik hukuman mati di negeri sendiri.

Amnesty International Indonesia menyoroti isu ini, menghapus hukuman mati adalah langkah paling masuk akal untuk menyelamatkan anak-anak bangsa --termasuk TKI-- yang terancam hukuman mati di luar negeri. Dengan menghapus hukuman mati di negeri sendiri, pemerintah Indonesia akan memiliki daya tawar lebih tinggi untuk memohon pengampunan warganya yang terancam hukuman mati di negeri orang.

Selengkapnya: Hukuman Mati

Tag: 3 top weekend news

Bagikan: