Kenapa Banyak Paus Terdampar di Selandia Baru?

Tim Editor

51 paus pilot terdampar di Chatham Islands Selandia Baru, Jumat (30/11/2018). (Foto: doc.govt.nz)

Jakarta, era.id - Ratusan paus pilot terdampar di Stewart Island, Selandia Baru beberapa waktu ini. Tak lama kemudian, ada beberapa paus pygmy yang terdampar di Northland. Bahkan, terbaru 51 paus pilot mati terdampar di pantai Kepulauan Chatham, Selandia Baru. 

Apa sebenarnya yang terjadi?

Melansir dari South China Morning Post, Jumat (30/11/2018), Karen Stockin, seorang ilmuwan mamalia laut di Massey University, mengatakan bahwa terdamparnya paus relatif umum di Selandia Baru, tapi ada beberapa hal yang tidak biasa. 

Misalnya, spesies paus pembunuh pygmy dan paus sperma biasanya tidak ada di pantai, tidak seperti paus pilot, yang secara teratur membersihkan pantai Selandia Baru di bulan-bulan musim panas.

Stockin, yang merupakan konsultan ahli untuk Komisi Penangkapan Ikan Paus Internasional, mengatakan bahwa itu menambah serangkaian perilaku paus aneh selama setahun terakhir.

Selain kasus terdamparnya paus ini meningkat, ia mengatakan sejumlah spesies telah muncul, yang biasanya tidak terlihat di perairan Selandia Baru, termasuk paus biru raksasa di Teluk Hauraki dekat Auckland.


51 paus pilot terdampar di Chatham Islands Selandia Baru, Jumat (30/11/2018). (Foto: doc.govt.nz)

Stockin mengatakan, Selandia Baru saat ini sedang mengalami peningkatan suhu lautan dan ini yang paling panas. Sehingga, dia yakin itu mempengaruhi perilaku paus.

"Kami memiliki pekan yang tidak biasa, meski kami belum sampai ke dasarnya, tapi itu adil untuk mengatakan bahwa ini adalah tahun yang benar-benar tidak biasa," katanya.

"Saya menduga banyak (hewan) yang telah didorong oleh suhu permukaan laut yang lebih hangat yang kita lihat saat ini."

"Kami benar-benar memiliki lonjakan suhu, yang kemungkinan memengaruhi tempat mangsa bergerak dan sebagai konsekuensinya kami melihat mangsa bergerak dan (ikan paus) yang mengikuti."

Baca Juga : Ratusan Paus Pilot Terdampar di Selandia Baru

Dia mengatakan, salah satu alasan naiknya suhu laut adalah pola cuaca El Nino yang terjadi secara alami. Selain itu, pemanasan global yang disebabkan oleh perubahan iklim juga dapat berperan.

"Kami tentu memiliki pola El Nino dalam permainan, tetapi kenyataannya adalah saya tidak ragu bahwa itu telah semakin diperburuk oleh efek pemanasan global yang potensial," katanya.

Musim panas Selandia Baru adalah waktu puncak untuk ikan paus ke pantai. Dimulai pada hari Sabtu pekan lalu, Stockin mengatakan lebih banyak kemungkinan paus datang ke Selandia Baru.

"Kami hanya akan memasuki musim yang sulit sekarang, ini baru permulaannya dan kami sangat sadar akan fakta bahwa ini adalah awal yang sangat sibuk," katanya.

Tag: hewan langka hari lingkungan hidup perubahan iklim

Bagikan: