Perkenalkan, Inilah Komik Soekarno Buatan Prananda Prabowo

Tim Editor

Buku Komik Bung Karno (Wardhany/era.id)

Jakarta, era.id - PDI Perjuangan meluncurkan buku komik tentang kisah hidup Proklamator Indonesia, Soekarno. Komik ini merupakan karya dari Prananda Prabowo, cucu Soekarno sekaligus putra kedua Megawati Soekarnoputri (anak Soekarno).

"Kami luncurkan karya soal sejarah Bung Karno, dibuat dalam bentuk komik. Ini dari Mas Prananda Prabowo," kata Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto di Posko Rumah Cemara,Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (8/1/2019).

Hasto mengatakan, kisah bung Karno yang dikemas dalam bentuk komik merupakan upaya PDIP untuk menggelorakan semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Terlebih buku komik mudah diterima oleh kalangan anak-anak muda.


Komik Bung Karno. (Wardhany/era.id)

Komik dengan judul 'Bung Karno Bapak Bangsa' itu terdiri dari 36 halaman bercerita kisah hidup Bung Karno sejak kelahirannya, hingga diangkat menjadi Presiden Pertama RI dalam sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang digelar pada 18 Agustus 1945. 

Berbagai momen perjalanan hidup bung Karno tergambar dengan menarik, mulai dari kota kelahiran Soekarno pada masa kolonial. Hingga berbagai detil kisah hidupnya sejak kecil turut disampaikan. 

Di komik ini juga mengisahkan soal masa kuliah Bung Karno di Technische Hooge School yang menjadi cikal bakal Institut Teknologi Bandung (ITB). Di masa itulah Bung Karno mengenal tokoh-tokoh lain seperti Douwes Dekker, Tjipto Mangunkusomo dan lainnya.

Perjalanan politik Soekarno juga, diceritakan dengan baik. Termasuk bagaimana Soekarno harus menghadapi taring hukum Pengadilan Kolonial Hindia Belanda. Serta kisah-kisahnya selama menjalani masa hukuman dan pembuangan, serta pergulatan pemikirannya pun dibahas secara menarik di komik tersebut.
 

Tag: komik megawati soekarnoputri bung karno sekjen pdi perjuangan hasto kristiyanto

Bagikan: