Hottest Issue Pagi, Selasa 26 Februari 2019

Tim Editor

Ilustrasi (Ilham/era.id)

Jakarta, era.id - Pagi, friends! Seperti biasa, kami siapkan lima berita pilihan untuk modal kamu menjalani hari ini. Ada kabar soal Sandiaga dan Dahnil yang dilaporkan eks Kombatan GAM, sampai kabar Rami Malek yang jatuh dari panggung usai raih Piala Oscar 2019.

1. Film Baru Joko Anwar Siap Syuting

Setelah sukses dengan film horror Pengabdi Setan, sutradara kenamaan Joko Anwar siap kembali mengangkat film bertema serupa. Setelah melalui proses penulisan scenario yang cukup panjang, pemilihan lokasi, dan kasting para pemerannya, film terbaru garapan Joko Anwar ini pun telah memasuki proses pengambilan gambar.

Ditemui dalam acara syukuran dan gathering bersama media di Queenshead, Kemang Raya, Jakarta Selatan pada Senin sore tadi (25/2/2019), sang sutradara mengatakan bahwa proses penulisan film Perempuan Tanah Jahanam memakan waktu cukup lama. 
 
“Saya kalau syuting itu saya butuh pasti bahwa film ini memiliki support system yang baik, kru-krunya harus kru terbaik, dan pemainnya harus pemain-pemain terbaik. Dan akhirnya saya menemukan partnership di Base Entertainment, CJ Entertainment, Rapi Film yang semua sangat support sekali. Dan kebetulan saya bertemu dengan pemain-pemain terbaik ini,” tutur Joko Anwar kepada era.id
 
Dalam film Perempuan Tanah Jahanam ini, sutradara yang juga tengah mempersiapkan film superhero Gundala tersebut meminang beberapa aktris kawakan. Seperti Tara Basro, Marissa Anita, Christine Hakim, Ario Bayu, Asmara Abigail, dan beberapa artis pendukung lainnya. 

Baca Juga : Perempuan Tanah Jahanam Garapan Joko Anwar Siap Syuting


Presscon film Perempuan Tanah Jahanam (Maretian/era.id)

2. Sandiaga-Dahnil Dipolisikan Eks GAM

Eks kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Bener Meriah mempolisikan Sandiaga Uno. Laporan itu terkait pernyataan cawapres nomor urut 02 itu terkait lahan Prabowo Subianto yang dipakai eks GAM.

Para mantan kombatan berjumlah 11 orang mendatangi Mapolda Aceh untuk membuat laporan. Mereka melapor ke ruang Direktorat Reserse Krimnal Umjum (Ditreskrimum) dan Ditreskrimsus. 

Koordinator eks GAM yang membuat laporan, Joni Suryawan, mengatakan laporan itu dibuat karena pernyataan Sandiaga dan Koordinator juru bicara Badan Pemenangan Nasional Dahnil Anzar Simanjuntak, dinilai berdampak negatif terhadap eks GAM. Soalnya, mereka mengaku tidak memakai lahan Prabowo.

"Kami merasa dirugikan karena yang disampaikan itu tidak pernah kami terima dan itu adalah fitnah dan hoaks yang dampaknya luar biasa juga bagi kami," kata Joni kepada wartawan di Mapolda Aceh, Senin (25/2/2019).

Baca Juga : Eks GAM Bener Meriah Polisikan Sandiaga dan Dahnil

Dampak yang ditimbulkan dari pernyataan Sandiaga dan Dahnil, sebutnya, masyarakat menganggap eks GAM menerima sesuatu. Menurut Joni, laporan itu dibuat oleh mantan kombatan yang merasa tidak mengelola lahan Prabowo.


Prabowo Subianto (Ilustrasi/era.id)

3. Penghuni Kebun Raya Bertambah

Sambutlah penghuni baru dari Kebun Raya Bogor. Dua tumbuhan super langka di planet ini, baru saja diperkenalkan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Kota Bogor, namanya yaitu Rafflesia Fatma dan Begonia baru.

Ada 30 jenis Rafflesia di dunia. Berbanggalah kita karena 13 jenis di antaranya berada di Indonesia. Namun untuk Rafflesia yang tumbuh di Indonesia, pusat habitatnya berada di Sumatera dan masing-masing dengan titik yang sangat sempit dan dengan jumlah tumbuhan yang sedikit, ujarnya.

"Perlindungan tanaman langka ini diatur pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No.P.106/MENLHK/KUM.1/12/2018 tentang jenis tumbuhan dan satwa langka yang dilindungi," jelas Plt Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, Dr R. Hendrik seperti dilansir dari Antara, Senin (25/2/2019).

Kebun Raya Bogor (Foto via @KR_Bogor_LIPI)

Rafflesia Fatma cuma bisa hidup selama dua hingga tiga hari saja. Karena Rafflesia ini cukup langka, LIPI berupaya mengembangkannya di Kebun Raya Bogor, penelitiannya sudah digeber sejak enam tahun tahun lalu. Rafflesia harus dicangkok pada inang tanaman besar lainnya. Karena itu sulit sekali menemukan atau melakukan penelitian intensif.

"Itu diketahui dari bijinya yang selembut pasir, jadi sulit membedakan. Suhu, maupun kesehatan inang tumbuhan lain cukup penting untuk menentukan hasil akhir," kata peneliti Rafflesia LIPI, Sofi Mursidawati.

4. Anies Rombak 1.125 Pejabat DKI

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sore ini melantik 1.125 pejabat eselon 2, 3, dan 4 di lingkungan Pemprov DKI. Pelantikan ini menjadi bagian penting terhadap kewenangan Pemprov untuk melakukan pembaharuan jabatan.

Anies menjelaskan, ada dua tujuan penting atas dilaksanakannya rotasi dan mutasi jabatan ini. Hal itu berguna bagi sebuah organisasi dan pribadi pejabat itu sendiri.

"Bagi sebuah organisasi, rotasi dan mutasi bagian dari kewajaran. Organisasi butuh kebaruan. Bagi pribadi, orang yang baru yang ditugaskan, diharapkan akan membawa suasana baru pendekatan baru, menciptakan atmosfer baru," tutur Anies di Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat, Senin(25/2/2019).


Gubernur DKI Anies Baswedan merombak 1.125 Pejabat DKI. (Diah/era.id)

Anies menegaskan, rotasi dan mutasi ini bukanlah keinginan pribadi dirinya. "Karena ini perintah Undang-Undang, bukan anjuran gubernur. Inilah perintah Undang-Undang yang dipegang dengan sebaik-baiknya. 

Baca Juga : Anies Rombak 1.125 Pejabat DKI

Karena itu, Anies berharap, orang-orang yang baru dilantik ini akan membawa suasana baru dalam pemerintahan di Ibu Kota. Ia memberi amanat, jangan hanya jadi pejabat, tapi jadilah seorang pemimpin.

5.  Rami Malek Jatuh dari Panggung

Rami Malek sepertinya mendapat luka yang cukup serius setelah jatuh dari panggung Academy Awards 2019 usai menerima penghargaan Piala Oscar 2019. Dia baru saja meraih Piala Oscar sebagai Aktor Terbaik lewat perannya dalam Bohemian Rhapsody. Setelah membacakan pidatonya, dia pun turun dan terjatuh, demikian dilansir People, seperti dikutip Antara, Senin (25/2).

Meski demikian, Rami melakukan yang terbaik demi menjaga pialanya agar tidak rusak. Rami kemudian jatuh dan wajahnya terlihat terkejut. Dia kemudian dibantu orang-orang di sekitarnya.

Paramedis kemudian dipanggil untuk menangani aktor tersebut. Awalnya Rami dibawa duduk di kursi barisan depan, namun ia pindah ke area belakang panggung yang lebih tertutup. Belum diketahui apakah Rami terluka dan perwakilan aktor itu belum memberikan tanggapan.
 

Rami Malek meraih kemenangan serupa untuk perannya sebagai vokalis Queen Freddie Mercury di Golden Globes, BAFTA Awards dan SAG Awards. "Aku mungkin bukan pilihan yang mudah, tetapi kurasa itu berhasil," canda dia, kemudian berterima kasih kepada Queen karena membiarkannya menjadi bagian dari warisan fenomenal mereka.

Dilansir Hollywood Reporter, dia melanjutkan, "Ini adalah bukti bahwa kami merindukan cerita seperti ini. Sebagian dari kisahku sedang ditulis saat ini dan aku tidak bisa tidak lebih bersyukur". Dalam pidatonya itu dia tidak menyebutkan sutradara film Bryan Singer, yang dipecat dari Bohemian Rhapsody karena dituduh melakukan pelecehan seksual. 

Tag: hottest issue

Bagikan: