Prabowo Sebut Sejuta Orang di GBK, Simak Hitungan TKN

| 07 Apr 2019 14:54
Prabowo Sebut Sejuta Orang di GBK, Simak Hitungan TKN
Massa pendukung di Kampanye akbar Prabowo-Sandi (Instagram @Prabowo)
Jakarta, era.id - Calon presiden 02 Prabowo Subianto yakin, massa pendukungnya yang hadir di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) lebih dari 1 juta orang. Stadion yang berkapasitas lebih dari 70 ribu memang dipenuhi pendukung Prabowo-Sandiaga. Tapi benarkah dengan jumlah itu?

Bagi Jubir TKN, Ace Hasan Syadzily, angka 1 juta lebih pendukung Prabowo-Sandiaga yang hadir di Stadion GBK terlalu berlebihan. Mereka punya hitungan sendiri. Kamu boleh percaya atau tidak.

"Jangan terlalu berlebihan untuk menghitung jumlah yang hadir. Kapasitas GBK itu tidak sampai 150.000 orang. Jangan ngaku-ngaku hingga satu juta," kata Jubir TKN Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Minggu (7/4).

Ace menjabarkan hitungan sederhana untuk menjelaskan klaim jumlah pendukung Prabowo yang hadir tak lebih dari 1 juta orang. Ace menghitung berdasarkan kapasitas Stadion GBK setelah direnovasi, kemudian ditambah dengan luas lapangan plus area running track bila semua diisi manusia. 

"Kalau 1 meter persegi bisa untuk 2 orang, berarti kapasitasnya jadi 15 ribu orang, plus running track 10 ribu orang. Artinya kapasitas full: 100.000-110.000 orang. Kepotong panggung, taruhlah 106.000. Melihat luar yang relatif kosong, taruhlah ada 10 ribu orang di luar. Total 116 ribu," ulas Ace.

 

 

Kampanye Akbar @prabowo - @sandiuno

Sebuah kiriman dibagikan oleh Prabowo Sandi (@indonesiaadilmakmur) pada

Kalau melihat hitung-hitungannya Ace, Stadion GBK masih memiliki sisa ruang tambahan sekitar 105 x 68 meter persegi, atau 7.140 meter persegi. Kalaupun hasilnya 1 juta orang mungkin hitungannya dengan luas area Senayan beserta Stadion GBK di dalamnya. 

Ya seperti kalian tahu sebelumnya, kalau Prabowo Subianto merasa bangga dengan kehadiran massa pendukungnya yang memenuhi stadion GBK. Ia mengklaim kampanye akbarnya dihadiri 1 juta orang lebih.

"Panitia berapa yang sudah dihitung hadir di sekitar senayan, berapa? 1 juta lebih. Saudara-saudara dikasih uang enggak? Bagaimana 1 juta orang masyarakat dikasih uang, bahkan tadi saya di mobil saya yang dikasih uang sama rakyat," ucap Prabowo megawali orasinya.

 

Rekomendasi